BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Perdana Menteri Inggris ingin “terlihat seperti tumpukan” daripada menutup keluar negara

Surat kabar itu membuka halaman depan serangannya terhadap perdana menteri dengan tajuk “Boris: Biarkan Ribuan Menumpuk”. Dia akan membuat pernyataan ini di musim gugur. Pada bulan Januari, penguncian lainnya terjadi di Inggris. Langkah-langkah ketat ini sekarang dihapus selangkah demi selangkah.

Pihak oposisi meminta Johnson hadir untuk mengklarifikasi masalahnya sendiri di Parlemen. Pernyataan ini menjijikkan. “Jika ini benar, maka Boris Johnson berkewajiban untuk mengundurkan diri,” kata Ian Blackford dari SNP Skotlandia.

Johnson sempat membantah keduanya, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut tentang tuduhan tersebut. Ketika ditanya apakah dia membuat pernyataan itu, dia menjawab “tidak” dan kemudian mengatakan bahwa orang-orang berpikir bahwa sangat penting bagi pemerintah untuk berhasil dalam penguncian.

Marah

Namun, seorang reporter ITV News menulis bahwa dua sumber mengatakan kepadanya bahwa pernyataan yang disengketakan itu memang benar. Johnson dilaporkan meneriakinya dengan marah. Pintu kantornya terbuka pada saat itu dan banyak orang mendengarnya karenanya.

Tidak jelas siapa yang membocorkan informasi tersebut ke Daily Mail, tetapi media lain dengan cepat menghubungkan perdana menteri tersebut dengan Dominic Cummings. Mantan penasihat senior ini telah beberapa lama menyalahkan Johnson karena menyebarkan informasi berbahaya.

Misalnya, Cummings mengklaim di blognya bahwa Johnson ingin diam-diam membiayai renovasi rumah resminya dengan uang yang dia sumbangkan. Dia dikatakan telah memberi tahu perdana menteri bahwa hal seperti itu “tidak bermoral, bodoh dan mungkin ilegal”. Downing Street membantah laporan itu.

pemilihan umum

Penemuan ini mendapat banyak perhatian di media Inggris dan datang pada waktu yang sangat tidak menguntungkan bagi Konservatif Johnson. Inggris akan pergi ke tempat pemungutan suara untuk pemilihan daerah dalam waktu satu setengah minggu.

READ  Kematian presiden Chad yang terpilih kembali di garis depan | di luar negeri

Cummings sebelumnya dikenal sebagai tangan kanan Johnson dan sebagai dalang di balik kampanye sukses untuk mengeluarkan Inggris dari Uni Eropa. Dia mengundurkan diri tiba-tiba pada akhir tahun lalu, dilaporkan setelah perebutan kekuasaan internal dalam pemerintahan.