BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ratusan surat perintah penangkapan lagi karena terkait dengan Gulen

Jaksa Turki telah memerintahkan penangkapan 532 orang karena dicurigai memiliki hubungan dengan ulama Muslim Fethullah Gulen. Pemerintah Presiden Erdoan menganggap ini dalang di balik kudeta yang gagal pada 2016. Gulen sendiri membantahnya. Kantor Berita resmi Turki Anatolia mengatakan para tersangka termasuk 459 tentara.

Lebih dari separuh tersangka dicari oleh otoritas kehakiman di wilayah Izmir dan sebagian lainnya oleh jaksa penuntut umum di Istanbul. Kantor berita resmi mengatakan bahwa di antara militer yang dikeluarkan surat perintah penangkapan, ada seorang kolonel, sersan, dan kapten. Ini berbicara tentang tindakan terhadap “organisasi teroris Fathallah”. Penelitian dilakukan di 62 dari 81 provinsi di Turki.

Setelah kudeta yang gagal pada musim panas 2016, lebih dari 80.000 orang ditangkap, dan sekitar 150.000 pegawai pemerintah diberhentikan atau diskors. Lebih dari 20 ribu tentara dibebaskan. Ratusan orang telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Uni Eropa, organisasi hak asasi manusia, dan lawan dan kritik Erdogan, antara lain, sangat kritis terhadap pendekatan yang diduga pendukung Gulen di Turki, dan mereka percaya bahwa presiden menggunakan kudeta yang gagal sebagai alasan untuk menghilangkan lawan politik. Pemerintah Turki mengatakan penangkapan itu diperlukan untuk keamanan negara.

READ  Trump mengecam serangan pengacara Giuliani: "sangat tidak adil" | di luar negeri