BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Peristiwa kosmik langka yang menjadi saksi keselarasan 5 planet di langit.  Berikut cara menontonnya.  : Peringatan Sains

Peristiwa kosmik langka yang menjadi saksi keselarasan 5 planet di langit. Berikut cara menontonnya. : Peringatan Sains

Jangan lewatkan Planet Parade yang akan berlangsung pada akhir Maret.

Yupiter, Merkurius, Venus, Uranus, dan Mars diatur untuk menyelaraskan dalam busur pada malam tanggal 25 hingga 30 Maret, bersama dengan Bulan.

Jupiter mungkin tenggelam saat matahari terbenam dan tersesat di bawah sinar matahari setelah tanggal 28, jadi cobalah untuk melihatnya secara relatif Peristiwa kosmik yang langka pada waktu itu.

Jika Anda ingin melihat Semua lima planet Pada suatu malam, pengaturan waktu, langit gelap, dan pandangan cakrawala yang jelas adalah kuncinya.

Bagaimana mempersiapkan parade planet

Mungkin Anda bisa melihat beberapa planet ini dari kota. Venus akan paling mudah dilihat dengan mata telanjang, karena merupakan objek paling terang ketiga di langit, setelah Matahari dan Bulan.

Namun, beberapa planet lain, seperti Uranus dan Merkurius, mungkin sulit dilihat. Beri diri Anda peluang terbaik dengan menjauh dari lampu kota, ke tempat dengan langit gelap, sebelum matahari terbenam. Pastikan untuk memeriksa cuaca dan merencanakan malam yang cerah.

Tetaplah di tempat Anda memiliki pandangan cakrawala barat yang jelas dan tidak terhalang – tidak ada gunung atau bangunan yang menghalangi matahari terbenam! Anda harus melihat ke bawah di cakrawala untuk melihat Jupiter dan Merkurius.

Sementara sebagian besar planet harus terlihat dengan mata telanjang, Anda mungkin memerlukan teropong atau bahkan teleskop untuk melihat Uranus dan mendapatkan parade lengkap dari lima planet.

Cara mudah untuk belajar tentang planet adalah dengan mengunduh aplikasi astronomi seperti Sky Tonight atau SkySafari, yang akan menunjukkan lokasi setiap planet di langit malam.

Objek paling menonjol di langit malam pada 25 Maret 2023 (NASA)

Ke mana harus mencari dan apa yang diharapkan pada jam-jam setelah matahari terbenam

Segera setelah matahari terbenam di bawah cakrawala, lihatlah ke barat. Rendah di langit, tempat matahari baru saja terbenam, Jupiter dan Merkurius akan muncul berdampingan.

READ  Para ilmuwan menjelaskan percepatan aneh komet luar angkasa 'Oumuamua'

Sinar matahari yang semakin menipis dapat membuat mereka sulit untuk melihatnya dengan mata telanjang. Jadi, jika Anda tidak dapat menemukannya pada awalnya, cobalah teropong. Pastikan saja matahari berada di bawah cakrawala agar Anda tidak melukai mata Anda dengan melihatnya melalui teropong.

Duo ini hanya akan terlihat kurang dari satu jam setelah matahari terbenam. Kemudian, mereka akan tenggelam di bawah cakrawala dan Anda tidak akan dapat melihatnya.

Sekarang saatnya mengagumi Venus – objek mirip bintang paling terang di langit malam, berdiri di atas Jupiter – dan lihat Uranus dengan teropong Anda.

Uranus akan segera berada di atas dan di sebelah kiri Venus. Anda akan dapat melihat planet redup dengan lebih baik sekarang karena sinar matahari telah memudar dari langit, membawa Yupiter dan Merkurius bersamanya. Anda akan memiliki satu atau dua jam untuk berburu sebelum duo ini juga terbenam di bawah cakrawala.

Di sisi lain, Anda akan memiliki banyak waktu untuk menjelajahi planet merah, Mars. Itu akan tampak merah cerah dan tinggi di langit barat daya, di atas bulan sabit dan sedikit ke kiri dari tanggal 25 hingga 27 Maret, dan kemudian di bawah bulan purnama pada tanggal 28 Maret dan seterusnya.

border frame=”0″allow=”akselerometer; mulai otomatis; Tulis papan klip. media yang disandikan giroskop; gambar di dalam gambar; berbagi web “allowfullscreen>”.

Planet bonus: Saturnus

Jika Anda begadang semalaman, atau bangun lagi sebelum fajar, Anda mungkin melihat Saturnus menggantung rendah di ufuk timur sebelum matahari terbit pada tanggal 27 dan 28 Maret.

Artikel ini awalnya diterbitkan oleh Bisnis tertarik.

Lebih banyak dari Orang Dalam Bisnis: