BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Permata mahkota kosmik ini dapat dilihat tanpa teleskop

Permata mahkota kosmik ini dapat dilihat tanpa teleskop

Banyak objek di langit malam hanya dapat dilihat dengan teropong atau teleskop, tetapi bukan Pleiades atau Tujuh Bintang. Gugus bintang yang terbuka dan berkelap-kelip ini mudah dilihat dengan mata telanjang pada musim dingin ini.

Anda dapat menemukan Seven Sisters di konstelasi Taurus. Sangat mudah untuk menemukan konstelasi jika Anda mengetahui konstelasi Orion. Konstelasi Orion memiliki “sabuk” tiga bintang. Ini sabuk Orion. Ikuti Orion’s Belt ke atas (garis oranye) dan Anda akan tiba di bintang terang: Aldebaran. Ini adalah bintang paling terang di konstelasi Taurus. Lanjutkan ke garis sedikit (garis kuning) dan Anda akan mencapai Pleiades. Anda dapat melihatnya dengan jelas pada peta di bawah ini.

Pleiades adalah salah satu kelompok bintang terdekat. Gugus terbuka terdiri dari setidaknya 500 bintang dan terletak Pada jarak lebih dari 400 tahun cahaya dari Bumi. Gugus bintang berusia sekitar 100 juta tahun. Sekarang bintang-bintang disatukan oleh gravitasi, tetapi para ilmuwan yakin gugus tersebut akan runtuh dalam waktu 250 juta tahun.

Seperempat dari bintang di tujuh disebut katai coklat. Ini sebenarnya adalah bintang yang gagal. Massa katai coklat terlalu kecil untuk memulai fusi nuklir. Mereka bersinar dalam cahaya inframerah, tetapi memancarkan sangat sedikit cahaya “normal”.

Polusi cahaya atau tidak?
Jika Anda melihat tujuh bintang, Anda tidak akan melihat bintang sebanyak orang Prancis itu. Jika Anda melihat dari jantung kota Amsterdam, Anda mungkin akan melihat bintang lima atau enam. Ini ada hubungannya dengan polusi cahaya: langit malam tidak sepenuhnya gelap. Jika Anda bepergian ke selatan Prancis dan mencari tempat yang gelap, mungkin ada sembilan atau bahkan sepuluh bintang yang terlihat. Jika Anda menggunakan teleskop atau teropong, Anda dapat melihat hingga ratusan bintang di Pleiades. Ini menjadikan Seven Sisters objek favorit para astronom amatir.

READ  Rumor: Nvidia RTX 4070 akan dijual mulai 13 April - PC - Berita

Pleiades ada di dalam Alkitab
Karena Pleiades terlihat dengan mata telanjang, gugus bintang ini sudah dikenal sejak lama. Faktanya, Pleiades disebutkan beberapa kali dalam Perjanjian Lama di Alkitab. “Dia membuat Biduk dan Orion dan Pleiades dan Bintang Selatan,” Itu tertulis dalam Ayub 9 ayat 9. Tapi Pleiades juga disebutkan dalam Iliad dan Odyssey oleh penyair Yunani Homer.

Citra satelit minggu ini
Citra satelit minggu ini Dibuat oleh Damien Cannane Dari Florida di Amerika Serikat. Gambar diekspos sedikit lebih lama, sehingga nebula di sekitar gugusan bintang juga bisa terlihat jelas. Sebuah gambar yang indah dari berlian berkilauan ini.

Selama beberapa dekade terakhir, teleskop ruang angkasa dan satelit telah mengambil gambar nebula, galaksi, pembibitan bintang, dan planet yang indah. Setiap akhir pekan, kami mengambil satu atau lebih foto ruang angkasa yang bagus dari arsip. Nikmati semua gambarnya? Periksa mereka di halaman ini.