BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Perpustakaan Nasional Qatar luncurkan program kegiatan Tahun Kebudayaan Qatar-Indonesia 2023 – Doha News

Perpustakaan Nasional Qatar luncurkan program kegiatan Tahun Kebudayaan Qatar-Indonesia 2023 – Doha News

Rangkaian acaranya akan dimulai mulai 2 November mendatang.

Perpustakaan Nasional Qatar merayakan Tahun Kebudayaan Qatar-Indonesia 2023 dengan menyelenggarakan serangkaian acara menarik, termasuk sesi bercerita, lokakarya, dan eksplorasi budaya.

Pada tanggal 31 Oktober, Perpustakaan Nasional Qatar akan membuka pameran “Pesan Iman: Kaligrafi Arab di Indonesia”, sebagai bagian dari proyek kerja sama dengan lembaga kebudayaan Indonesia dan lokal.

Pameran ini akan menampilkan koleksi perpustakaan yang unik serta warisan Islam Indonesia yang melimpah, yang terlihat dari manuskrip Al-Qur'an yang diterangi dengan indah.

Selain itu, pameran ini juga akan menampilkan artefak-artefak yang dipinjamkan dari dua institusi bergengsi Indonesia, yang menandai kemunculan pertama mereka di tanah Qatar. Pameran ini akan dibuka untuk umum pada 1 November.

Tan Huysem, Direktur Eksekutif Perpustakaan Nasional Qatar, mengatakan: “Indonesia terkenal dengan keanekaragaman budaya yang indah dan kekayaan etnis, bahasa, dan agama.

“Hari ini, kami dengan senang hati menyambut semua orang untuk menjelajahi manuskrip Al-Qur'an yang megah dan artefak lainnya seperti peta dan tekstil batik yang berusia lebih dari seratus tahun. Melalui pameran ini, kami bertujuan untuk menyoroti interaksi budaya yang mendalam antara kedua negara. daerah,” tambahnya.

Rangkaian acara dimulai pada tanggal 2 November dan mencakup sesi bercerita yang dipimpin oleh Duta Besar Indonesia untuk Qatar, Ridwan Hassan. Utusan tersebut akan menceritakan kisah-kisah menarik dari Negeri Seribu Pulau.

Sementara itu, juga akan diadakan workshop pembuatan batik yang menampilkan teknik tradisional Indonesia dalam mendekorasi kain dengan menggunakan lilin dalam proses pewarnaannya.

Pada tanggal 3 November, bekerja sama dengan Al Jazeera Documentary Channel, Perpustakaan Nasional Qatar akan menyelenggarakan pemutaran film “Indonesia and the Discovery of the Unknown,” yang diikuti dengan sesi tanya jawab informatif dengan produser film tersebut.

READ  Situs resmi Republik Korea

Selain itu, akan diadakan diskusi mendalam dengan penulis Indonesia Andrea Hirata yang akan menekankan pentingnya dialog antarbudaya dalam mendorong pemahaman. Lokakarya pembuatan batik yang kedua juga merupakan bagian dari kegiatan hari ini.

Tanggal 4 November menandai hari terakhir rangkaian budaya.

Hari itu akan diawali dengan sesi bercerita oleh Lita Hassan, istri Duta Besar Redwan Hassan. Sesi tambahan akan fokus pada seni menulis bersama novelis Indonesia pemenang penghargaan, Andrea Hirata.

Di hari berikutnya, petualangan eksplorasi luar ruangan akan diselenggarakan di hutan bakau Al Khor, bekerja sama dengan Earthna.

dokter. Sesi akan dibuka oleh Dr. Aspasia. Chatsifthimiou, seorang pakar ekosistem gurun, berada di perpustakaan, di mana dia akan berbagi pemikirannya tentang hutan bakau di Qatar.

Setelah itu, Dr. Charlie Hitobun, pakar keanekaragaman hayati dan konservasi, akan menyoroti pentingnya mangrove secara ekologis di Indonesia.