BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Visa Pos Imigrasi Olahraga dan Visa Musik dan Seni

Visa Pos Imigrasi Olahraga dan Visa Musik dan Seni

Sebelum perhelatan internasional di Indonesia, Direktorat Jenderal Imigrasi resmi mengeluarkan visa olahraga, visa musik, dan visa seni.

Visa olahraga dan visa musik dan seni diperuntukkan khusus bagi wisatawan asing untuk kegiatan olahraga, serta pertunjukan musik dan seni.

Ini adalah kabar baik Mengumumkan Ditempati oleh Direktur Jenderal Imigrasi Selmi Karim di Jakarta pada Kamis, 14 September 2023.

Karim mengatakan, penerbitan visa olahraga dan visa musik dan seni bertujuan untuk menyambut event internasional yang akan diadakan di Indonesia dalam waktu dekat.

“Momentum ini kita manfaatkan. Sebentar lagi akan banyak event internasional yang digelar. Bulan Oktober kita ada Kejuaraan Dunia MotoGP, dan bulan November kita ada konser Coldplay dan Piala Dunia U-17,” kata Karim.

“Kami berupaya menyederhanakan persyaratan visa untuk visa olahraga dan visa musik dan seni sehingga Indonesia menjadi negara tujuan yang dipertimbangkan untuk acara olahraga dan musik internasional,” tambahnya.

Karim mengatakan melalui visa ini, Direktorat Jenderal Imigrasi akan berupaya menyederhanakan persyaratan pengajuan atlet dan artis asing.

Sehingga kedepannya tim olahraga resmi, event organizer atau promotor artis internasional tidak perlu melampirkan dokumen persyaratan yang sulit.

Ini termasuk izin kerja, sertifikat catatan polisi, dan sertifikat pengalaman kerja minimal lima tahun.

Keputusan mengenai persyaratan visa olahraga dan visa musik dan seni bukan tanpa alasan. Hal ini bermula dari fakta bahwa atlet dan entertainer asing biasanya hanya bekerja sebentar di Indonesia.

Selain jangka waktu, konteks kerja para praktisi seni dan olahraga juga mempunyai dampak kompetitif terhadap tenaga kerja lokal.

Permohonan visa olahraga, visa musik dan seni juga dapat diakses secara online melalui link evisa.imigrasi.go.id halaman.

READ  Gerrard adalah model untuk potret Hajo van Scheepsjongens van Bontekoe untuk 16 PM

“Apakah atlet sekaliber Cristiano Ronaldo yang bermain sepak bola eksibisi di Indonesia perlu meminta surat tanda registrasi polisi? Benarkah kalau Coldplay ingin menggelar konser di Jakarta, kami memerlukan pengalaman kerja minimal lima tahun?” Karim mencontohkan, ini adalah persyaratan tidak relevan yang telah kami hilangkan.

Ia menambahkan, hadirnya visa olahraga dan visa musik dan seni dapat mendorong kemajuan di Indonesia.

Sehingga kedepannya Indonesia bisa lebih banyak menyelenggarakan acara olahraga atau pertunjukan musik berskala internasional.

Oleh karena itu, Karim sangat berharap kedepannya Indonesia juga bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara, tidak hanya untuk berlibur tetapi juga untuk menonton pertandingan olahraga internasional dan konser di Indonesia.

“Yang terjadi selama ini masyarakat Indonesia sudah berbondong-bondong melihat konser di Singapura, Thailand, Australia bahkan Jepang, sehingga persyaratannya kami sederhanakan agar penyelenggara acara semakin tertarik menggelar konser di Indonesia,” jelas Karim.

“Orang asing banyak yang datang ke Indonesia untuk menonton tayangan yang bisa mendatangkan devisa dan dari pihak Indonesia tidak perlu lagi bepergian ke luar negeri untuk menonton konser atau acara olah raga.”