BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pertahanan udara Ukraina mencegat drone Rusia, melukai 16 orang karena puing-puing

Pertahanan udara Ukraina mencegat drone Rusia, melukai 16 orang karena puing-puing

16 orang terluka di Distrik Khmelnytsky, Ukraina bagian barat, akibat terkena puing-puing drone Rusia yang jatuh. Otoritas distrik Khmelnytsky melaporkan hal ini. Menurut Angkatan Udara Ukraina, Rusia mengirim sebelas drone Shahed ke Ukraina tadi malam, dan semuanya dinetralkan oleh pertahanan udara Ukraina.

Gubernur wilayah tersebut mengatakan serangan pesawat tak berawak menargetkan bagian dari “infrastruktur penting” di Khmelnitsky. Ukraina khawatir Rusia akan kembali mencoba melancarkan serangan besar-besaran terhadap infrastruktur Ukraina pada musim gugur ini, seperti yang terjadi tahun lalu. Serangan terhadap pembangkit listrik antara lain menyebabkan pemadaman listrik secara berkala. Dalam beberapa pekan terakhir, jumlah serangan Rusia terhadap infrastruktur Ukraina meningkat.

Menurut Pusat Penelitian Amerika Institut Studi Perang (ISW), Rusia semakin banyak menggunakan drone jenis domestik. Drone jarak jauh Italmas dilaporkan digunakan untuk pertama kalinya pada hari Senin dalam serangan di provinsi Kiev. Drone Italmas dikatakan lebih ringan dan lebih murah dibandingkan drone Shahed Iran. Karena bobotnya yang terbatas, drone baru ini sulit dideteksi oleh pertahanan udara Ukraina. Karena mereka dapat membawa lebih sedikit bahan peledak, Rusia akan menggunakan drone Italmas bersama dengan pesawat Shahed yang lebih berat, menurut proyeksi Institute for the Study of War.

Dan de Vries

READ  Tersangka juga sekarang secara resmi didakwa dengan penculikan anak Australia Cleo di luar negeri