BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jenderal setelah “jatuhnya” Afghanistan: Dalam setahun, Al-Qaeda bisa menyerang Amerika Serikat lagi | Luar negeri

Teroris Al Qaeda dapat menjadi ancaman potensial bagi Amerika Serikat dari Afghanistan dalam waktu satu tahun. Mark Milley, komandan militer AS, mengatakan bahwa “Taliban belum memutuskan hubungan dengan mereka.”




Para pejabat militer AS dijadwalkan hadir di hadapan komite khusus Senat AS hari ini dalam sidang tentang penarikan mundur yang kacau dari Afghanistan. Segera setelah kepergian militer AS dan sekutunya musim panas lalu, Taliban menyerbu tentara Afghanistan dan merebut kekuasaan di Kabul.

Pada tahun 2001, Amerika Serikat pergi ke Afghanistan khusus untuk menggulingkan Taliban, dan dengan itu, Al-Qaeda. Di bawah penguasa agama, al-Qaeda mampu merencanakan serangan 11 September 2001 di World Trade Center dan Pentagon dari Afghanistan.

12 hingga 36 bulan

“Tetapi sangat mungkin bahwa Al Qaeda atau afiliasi lokal ISIS akan kembali menjadi ancaman bagi Amerika Serikat dari wilayah yang tidak terkendali dalam waktu 12 hingga 36 bulan,” kata Milley kepada komisi tersebut. Taliban adalah organisasi teroris dan tetap saja, mereka belum memutuskan hubungan dengan Al-Qaeda. Saya tidak punya ilusi tentang siapa yang kita hadapi.”

Menteri Pertahanan Lloyd Austin juga dipaksa tampil di hadapan Kongres. Dia mengatakan Amerika mungkin yakin dengan kemampuannya untuk membangun pemerintahan Afghanistan yang layak. Kami membantu membangun sebuah bangsa, tetapi kami tidak dapat membangun sebuah bangsa. Tentara Afghanistan yang kami latih begitu saja meleleh, seringkali tanpa melepaskan satu tembakan pun, yang mengejutkan kami semua. Tidak adil untuk mengatakan sebaliknya.”

Menteri Pertahanan Lloyd Austin dan Mark Milley di depan Komite Senat. © AFP

READ  50 organisasi telah memutuskan hubungan dengan Pangeran Andrew sejak Royals