BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pesawat luar angkasa SpaceX Crew-8 milik NASA meluncur ke orbit dalam perjalanan menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional

Pesawat luar angkasa SpaceX Crew-8 milik NASA meluncur ke orbit dalam perjalanan menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional

Ringkasan peluncuran Crew-8: Gulir ke bawah untuk liputan langsung lepas landas Crew-8 pada hari Minggu, 3 Maret dengan roket SpaceX Falcon 9 dari Kennedy Space Center.

Selamat datang di liputan langsung Tim Luar Angkasa FLORIDA TODAY tentang peluncuran astronot Crew-8 mendatang dari Kennedy Space Center malam ini.

Setelah Sabtu malam, tim Crew-8 kini menargetkan pukul 22:53 EST untuk meluncurkan roket astronot SpaceX Falcon 9 ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Siaran peluncuran TV NASA diposting di bagian atas halaman ini.

Sebuah postingan di blog NASA mengatakan bahwa upaya peluncuran gagal yang terjadi pada Sabtu malam ditunda “karena kondisi yang tidak menguntungkan di jalur penerbangan roket SpaceX Falcon 9 dan pesawat ruang angkasa Dragon.”

“Peluncuran Crew-8 akan membawa astronot NASA Matthew Dominick, Michael Barratt, dan Janet Epps, serta astronot Roscosmos Alexander Grebenkin, ke laboratorium yang mengorbit. Target waktu docking adalah sekitar jam 3 pagi pada hari Selasa,” tulis postingan tersebut.

Pembaruan 23:02: Pendorong tahap pertama roket Falcon 9 baru saja mendarat di Zona Pendaratan 1 SpaceX di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral — menghasilkan ledakan sonik ganda di Cape.

Pembaruan 22:53: SpaceX dan NASA meluncurkan roket Falcon 9 yang membawa Crew-8 dari Kennedy Space Center.

Diperbarui pada 22:45: Selama pengarahan 10 menit sebelum lepas landas, diumumkan bahwa kru yakin mereka memahami masalah retakan segel palka, dan yakin mereka dapat menerbangkan seluruh misi dengan aman.

Pembaruan 22:38: Tak lama setelah pengisian bahan bakar dimulai, sebuah pengumuman dibuat: Tim sedang memeriksa celah kecil di pintu samping, yang dapat menjadi masalah saat masuk kembali ke atmosfer.

Hitung mundur peluncurannya masih berlangsung.

Diperbarui pada 22:30: Sebagai pengingat, berikut adalah daftar acara besar yang akan datang menjelang peluncuran Falcon 9.

READ  Studi tersebut menunjukkan bahwa lapisan terdalam Bumi adalah bola besi selebar 400 mil

  • 22:46 Falcon 9 memulai pendinginan mesin sebelum diluncurkan.
  • 22:48 Naga bergerak ke Kekuatan Batin.
  • 22:52 Perintah komputer penerbangan untuk memulai pemeriksaan pra-peluncuran terakhir.
  • 22:52 Tekanan tangki bahan bakar mulai mencapai tekanan jelajah.
  • 22:52 Direktur peluncuran SpaceX memeriksa peluncuran tersebut.
  • 22:53 Falcon 9 lepas landas.

Pembaruan 22:19: SpaceX mengumumkan bahwa prosedur pengisian bahan bakar untuk roket Falcon 9 kini sedang berlangsung di Pad 39A, dan sistem pelarian pesawat ruang angkasa Dragon telah siap.

Diperbarui pada jam 10 malam: “Saya mendapat informasi cuaca terbaru. Mereka mendapat pengarahan cuaca lagi — dan sekarang kami sudah 90% siap,” pembawa acara TV NASA Megan Cruz mengumumkan, lebih dari satu jam sebelum hitungan mundur malam ini berakhir.

Pejabat Manajemen Darurat Brevard County telah mengaktifkan tim dukungan peluncuran badan tersebut menjelang peluncuran Falcon 9 yang akan datang.

Gelombang perpisahan kru 8

Pembaruan 21:44: Sekitar dua jam yang lalu, fotografer/videografer FLORIDA TODAY Craig Bailey mengambil foto Crew-8 yang melambai kepada awak media di luar Gedung Operasi dan Checkout Neil Armstrong NASA.

Pembaruan 21:21: Para kru telah menutup pintu kapsul Dragon Endeavour, dan lepas landas dijadwalkan selama 2 jam 32 menit.

Pembaruan pada jam 9 malam: Sebagai pengingat, Falcon 9 Crew-8 awalnya dijadwalkan diluncurkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada pukul 12:04 pada hari Jumat. Namun, angin kencang dan gelombang laut di sepanjang jalur penerbangan Dragon Endeavour membuat kru menunda misi hingga Sabtu malam.

Namun upaya Sabtu malam itu dibatalkan. Alasannya: angin kencang di sepanjang jalur pendakian kapsul, kata SpaceX.

Jika upaya peluncuran malam ini gagal, peluang pencadangan berikutnya adalah pada hari Senin pukul 22.31.

Pembaruan 20:38: SpaceX melaporkan bahwa kursi kru telah diputar ke posisinya untuk lepas landas, dan pemeriksaan kebocoran pakaian serta pemeriksaan komunikasi telah selesai.

READ  Hasil tes covid-19 yang gagal di Inggris menyebabkan ribuan kasus tambahan

SpaceX mengatakan pesawat ruang angkasa Dragon Endeavour sebelumnya telah menerbangkan misi Demo-2, Crew-2, Ax-1 dan Crew-6 ke dan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional – mencatat 466 hari di orbit.

Pembaruan 20:15: Pejabat SpaceX baru saja mengumumkan bahwa peluang cuaca untuk “peluncuran” telah meningkat dari perkiraan awal sebesar 75% menjadi 85%.

NASA TV menyoroti prakiraan peluncuran yang menunjukkan curah hujan dan awan landasan sebagai masalah meteorologi utama.

Pembaruan pada jam 8 malam: Misi SpaceX Crew-8 NASA akan menjadi peluncuran ke-14 tahun ini dari KSC dan Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral yang berdekatan.

Space Coast menjadi tuan rumah 72 peluncuran orbital tahun lalu, sebuah rekor, dan kecepatan tahun ini bahkan lebih cepat.

Klik di sini untuk melihat ringkasan peluncuran bulan Januari FLORIDA TODAY.

Klik di sini untuk melihat ringkasan peluncuran bulan Februari FLORIDA TODAY.

Pembaruan 19:36: Melambai tangan dan tersenyum, para astronot Crew-8 baru saja keluar dari Gedung Operasi dan Checkout Neil Armstrong NASA, menyapa keluarga dan simpatisan, dan menaiki dua Model Tesla hitam.

Tesla membawa label lisensi hitam putih yang bertuliskan YAYSP8C — atau “yay space.”

Pembaruan 19:20: Berikut adalah garis waktu NASA mengenai “tonggak penting dan peristiwa penting” menjelang lepas landas malam ini. Semua waktu merupakan perkiraan:

  • 19:33 Para kru keluar dari Operasi Neil Armstrong dan Keluar dari Gedung.
  • 19:38 Transfer kru ke platform 39A.
  • 19:58 Para kru tiba di peron dan memanjat menara.
  • 20:18 Entri kru.
  • 20:23 Memeriksa komunikasi.
  • 20:24 Rotasi kursi.
  • 20.25 Pemeriksaan kebocoran jas.
  • 20:58, palka ditutup.
  • 22:08 Direktur peluncuran SpaceX memeriksa pemuatan propelan.
  • 22:11 Tuas akses kru ditarik kembali.
  • 22:14 Sistem pelarian peluncuran naga telah disiapkan.
  • Pukul 22.18, pesawat RP-1 (minyak tanah yang digunakan dalam pembuatan roket) mulai memuat.
  • 22:18 Tahap pertama pemuatan LOX (oksigen cair) dimulai.
  • 22:46 Falcon 9 memulai pendinginan mesin sebelum diluncurkan.
  • 22:48 Naga bergerak ke Kekuatan Batin.
  • 22:52 Perintah komputer penerbangan untuk memulai pemeriksaan pra-peluncuran terakhir.
  • 22:52 Tekanan tangki bahan bakar mulai mencapai tekanan jelajah.
  • 22:52 Direktur peluncuran SpaceX memeriksa peluncuran tersebut.
  • 22:53 Falcon 9 lepas landas.
READ  Ilmuwan Swedia mengklaim ini adalah gelas anggur cetak 3D terkecil di dunia - Ars Technica

Pembaruan 18:57: Crew-8 mengenakan pakaian antariksa di dalam “ruang pakaian” di gedung Operasi dan Checkout Neil Armstrong NASA.

“Tim teknisi pakaian SpaceX akan membantu mereka saat mereka mengenakan pakaian antariksa yang dipasang khusus dan memeriksa kebocoran. Dirancang untuk keselamatan dan fungsionalitas, pakaian antariksa memberikan kompresi, melindungi kru dari potensi penurunan tekanan, dan menghubungkan port di paha untuk menopang sistem.” Kehidupan, termasuk udara dan energi. Pakaian tersebut juga mencakup sarung tangan yang kompatibel dengan layar sentuh dan lapisan luar tahan api,” demikian bunyi postingan di blog NASA.

Kru 8 adalah:

  • Astronot NASA Matthew Dominic, Komandan.
  • Astronot NASA Michael Barratt, pilot.
  • Astronot NASA Janet Epps, spesialis misi.
  • Kosmonot Roscosmos Alexander Grebenkin, spesialis misi

Untuk berita terkini dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral dan Pusat Antariksa Kennedy NASA, kunjungi floridatoday.com/space.

Rick Neil Dia adalah koresponden luar angkasa Florida Today (untuk ceritanya lebih lanjut, klik disini.) Hubungi Neale di 321-242-3638 atau [email protected]. Twitter/X: @Rick Neal1

Ruang angkasa penting bagi kami, itulah sebabnya kami berupaya menyediakan cakupan industri dan operasi peluncuran tertinggi di Florida. Jurnalisme seperti itu membutuhkan waktu dan sumber daya. Tolong dukung dia dengan berlangganan di sini.