BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Petani India meninggalkan lokasi protes setelah setahun protes

Petani India bersorak, mengevakuasi tempat protes di sekitar ibu kota, New Delhi, dan kembali ke rumah. Ini mengakhiri protes petani selama setahun di negara itu. Petani sekarang pergi setelah pemerintah mencabut sejumlah undang-undang pertanian yang diusulkan.

Undang-undang pertanian yang baru telah disahkan oleh Parlemen India September lalu, tetapi undang-undang tersebut belum diperkenalkan. Bulan lalu, Perdana Menteri India Modi mengumumkan tiga undang-undang baru Menarik.

Para petani tidak segera meninggalkan lokasi demonstrasi setelah pengumuman. Mereka menuntut, antara lain, agar pemerintah menjaga jaminan harga untuk hasil panen utama dan penghapusan kasus kriminal terhadap pengunjuk rasa. Pada hari Kamis, pemerintah membentuk sebuah komite untuk melihat tuntutan tersebut.

Enam mati

Modi ingin meliberalisasi pertanian di India melalui reformasi, tetapi para petani khawatir mereka harus bersaing dengan konglomerat pertanian, yang dapat berproduksi dengan biaya lebih rendah. Juga, sebagai akibat dari reformasi, petani tidak akan menerima harga dukungan minimum untuk tanaman. Di India, harga beras dan sayuran sebagian ditetapkan oleh pemerintah.

Protes petani tidak selalu damai. Para pengunjuk rasa memukul Berkelahi Dengan polisi dan dua bulan lalu di India Utara Enam mati Ketika sebuah mobil bertabrakan dengan petani. Mobil itu dikatakan dalam konvoi seorang politisi dari Partai Bharatiya Janata yang berkuasa. Pejabat partai mengatakan itu kecelakaan.

READ  Myanmar mengunci peraih Nobel Aung San Suu Kyi (76) | luar negeri