BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

PetroVietnam Gas sedang dalam pembicaraan dengan ExxonMobil dan Novatek atas pasokan LNG

PetroVietnam Gas sedang dalam pembicaraan dengan ExxonMobil dan Novatek atas pasokan LNG

PetroVietnam Gas mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya sedang dalam pembicaraan terpisah dengan raksasa energi AS ExxonMobil dan Novatek Rusia tentang kerja sama di bidang gas alam cair, dalam upaya untuk mengamankan pasokan jangka panjang untuk pembangkit listrik bertenaga LNG Vietnam di masa depan.

Pusat produksi regional Vietnam ingin mengembangkan armada 13 pembangkit listrik berbahan bakar LNG dengan kapasitas gabungan sebesar 22,4 gigawatt pada tahun 2030, yang pertama akan mulai beroperasi pada akhir tahun depan.

PetroVietnam Gas telah berdiskusi dengan ExxonMobil kemungkinan pasokan LNG untuk operasi komersial terminal LNG TiFi di Vietnam Selatan, kata perusahaan Vietnam tersebut dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan antara CEO Pham Van Vuong dan perwakilan ExxonMobil.

Perusahaan menambahkan bahwa kedua perusahaan juga membahas peluang kerjasama dalam proyek eksplorasi dan produksi.

“ExxonMobil sedang mengevaluasi berbagai opsi untuk memasok LNG di Asia Tenggara, termasuk Vietnam,” kata ExxonMobil dalam pernyataan email.

PetroVietnam Gas juga bertemu secara terpisah dengan perwakilan Novatek Rusia, yang menurut pernyataan tersebut tertarik dengan pengiriman LNG untuk periode 2023-2026.

“Memperkuat hubungan perdagangan dan investasi dengan para pemimpin energi global seperti ExxonMobil dan Novatek adalah kunci pengembangan PetroVietnam Gas dan industri gas negara itu,” kata pernyataan itu.

Dalam email ke Reuters, Novatek mengatakan pihaknya “bersemangat untuk bekerja sama dengan perusahaan Vietnam di bidang LNG, mengingat pasar Vietnam yang berkembang dan visi jangka panjang untuk mengembangkan proyek dan infrastruktur pembangkit listrik berbahan bakar gas yang mencakup LNG-to-energy. tanaman dan penguapan gas alam.” Dicairkan. Stasiun”.

Kilang LNG Thi Vai di provinsi Ba Ria Vung Tau terutama akan memasok dua pembangkit listrik berbahan bakar gas dengan kapasitas gabungan sebesar 1,5 GW.

READ  Pabrik Gula dekat Balabulang - De Groene Amsterdammer

Saat ini sedang dibangun di provinsi tetangga Dong Nai oleh PetroVietnam Power Corp dengan biaya $1,4 miliar.

Pabrik Nhon Trach 3 dan Nhon Trach 4 akan beroperasi masing-masing pada kuartal keempat tahun depan dan kuartal kedua 2025, menurut PetroVietnam Power.

PetroVietnam Gas mengatakan stasiun tersebut akan menerima pengiriman LNG pertama di Vietnam Senin depan.

Pada bulan Mei, perusahaan mengatakan pengiriman 50.000 hingga 70.000 ton dari Shell Eastern Trading Co yang berbasis di Singapura dimaksudkan untuk pengujian di terminal.

Pada hari Rabu, seorang sumber di PetroVietnam Gas mengatakan pengiriman sekitar 70.000 ton LNG sedang menuju ke terminal dari pelabuhan Pontang di Indonesia.