BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Phil Spencer ingin membuka konsol Xbox ke toko pihak ketiga seperti Epic – Gaming – News

CEO Microsoft Gaming Phil Spencer mengatakan dia ingin membuka konsol Xbox ke toko game pihak ketiga, seperti Epic Games Store dan Itch.io. Ini akan memberikan lebih banyak kebebasan kepada pemain dan membuat platform lebih menarik. Spencer tidak mengatakan kapan toko akan hadir di konsol.

Pemikiran tentang pembukaan konsol berasal dari perubahan model pendapatan di balik konsol, Spencer menjelaskan kepada Polygon. Pembuat konsol saat ini menghasilkan uang dari konsol dengan menjual konsol itu sendiri dengan harga di bawah harga kepada konsumen dan kemudian menghasilkan uang dari hasil penjualan game tersebut. Oleh karena itu, konsol, misalnya, saat ini memiliki satu toko digital tempat pemain dapat membeli game.

Namun, dukungan untuk konsol menjadi semakin menantang, kata Spencer, sebagian karena harga komponen turun lebih lambat dibandingkan sebelumnya. “Saya tidak tahu apakah hal ini akan mengembangkan industri ini,” kata Spencer. “Jadi saya bertanya-tanya, apa saja hambatannya? Hal-hal apa yang menyebabkan resistensi antara pemain dan pencipta saat ini? Dan bagaimana kami dapat membantu membuka model ini? Mungkin tembok yang dimaksudkan untuk mencegah pemain konsol masuk akan menghalangi para pemain tersebut.”

Spencer membandingkan situasi konsol dengan PC Windows dan mencatat bahwa di Windows Anda dapat memilih tempat untuk membeli game. Menurut Spencer, ada manfaatnya dan membuat platform ini lebih menarik. Itu sebabnya dia ingin membuka platform konsol tersebut ke toko game pihak ketiga. Artikel tersebut tidak menunjukkan kapan toko game pihak ketiga akan hadir di Xbox, juga tidak jelas apakah pihak ketiga tersebut akan tertarik. Juga tidak jelas apakah toko game pihak ketiga tersebut harus membayar komisi kepada Microsoft.

READ  Penembak SWAT-esque Ready or Not ditarik sebentar dari Steam - Perbarui - Permainan - Berita

Selain kemungkinan memasang toko game pihak ketiga, Spencer juga ingin merilis lebih sedikit game eksklusif Xbox agar platformnya tidak terlalu tertutup. Oleh karena itu, Sea of ​​​​Thieves antara lain juga akan hadir di PlayStation 5. Spencer mengatakan tidak masalah pemain platform mana yang harus diizinkan bermain bersama.

Sudah beberapa lama diketahui bahwa Xbox tengah berjuang di pasar konsol. Meskipun Microsoft sendiri jarang membagikan angka penjualannya, perusahaan tersebut melaporkan pada bulan Juni lalu bahwa mereka telah menjual 21 juta konsol Xbox Series, sementara Sony menjual hampir dua kali lipat jumlah konsol PlayStation 5 pada saat itu. GamesIndustry.biz mengatakannya dalam podcast di pameran dagang Game Developers Conference Setelah mendengar dari dua perusahaan bahwa mereka hampir tidak menjual game di platform Xbox. Salah satu perusahaan besar yang merilis game besar tahun lalu dilaporkan berkata, “Saya tidak tahu mengapa kami repot-repot mendukung platform tersebut.”