BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Polisi selidiki perdagangan gading internasional | Polisi.NL

Gading

Bea Cukai memeriksa gading di bea cukai. Di sini, asal gading diteliti dan usia ditentukan. Pejabat bea cukai memanggil tim Lingkungan Rotterdam, setelah itu penyelidikan diluncurkan di bawah pengawasan jaksa penuntut umum dari Kantor Penjabat Jaksa Agung. Kerjasama yang erat dengan Bea Cukai dan Komite Lingkungan Indonesia menambah nilai penyelidikan.

Perdagangan internasional

Tim berfokus pada perdagangan internasional gading. Diduga ada struktur perdagangan gading. Banyak kargo sudah dilarang. Tujuan penelitian adalah untuk memetakan secara akurat jalur mana yang diambil gading dan individu dan/atau perusahaan mana yang terlibat dalam perdagangan ini. Tim investigasi telah mencegat beberapa ekspor gading. Baru-baru ini, tim investigasi sibuk memetakan jalur perdagangan, membaca catatan bisnis, dan mendengarkan saksi.

Kejahatan satwa liar

Ada permintaan global untuk hewan dan tumbuhan yang mati dan hidup serta produk yang dibuat darinya. Perdagangan produk ini adalah salah satu alasan mengapa banyak dari hewan ini terancam punah. Memerangi apa yang disebut kejahatan satwa liar di Belanda sangat penting untuk melindungi hewan dan tumbuhan di bagian lain dunia dan menjaga keanekaragaman hayati. Karena itulah Team Miloo Rotterdam antara lain berkomitmen untuk melakukan hal ini bersama dengan Team Miloo Indonesia. “Gajah itu terancam punah. Tidak mungkin mendapatkan gading tanpa membunuh gajah. Melalui perdagangan gading, permintaan gading tetap terjaga. Ini adalah kerusakan besar bagi keanekaragaman hayati. Melalui penelitian ini, kami mendapatkan wawasan tentang salah satu bagian dari rantai pasok,” ujar Ronald Greiling, Ketua Panitia.

Penyelidikan akan dilanjutkan dalam beberapa hari mendatang. Penangkapan tidak dibatalkan.