BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ponsel yang mendeteksi gempa bumi

Ponsel yang mendeteksi gempa bumi

Tapi sensornya sangat sensitif, dan Itu juga bisa bekerja seperti seismometer mini.

Google telah memperkenalkan fungsi yang memungkinkan pengguna mengizinkan ponsel mereka mengirim data secara otomatis Sistem Peringatan Gempa Android, jika instrumen mereka menangkap karakteristik getaran dari gelombang primer (P) gempa bumi. Dengan mengintegrasikan data dari ribuan atau bahkan jutaan ponsel lain, sistem dapat mengetahui kapan dan di mana gempa terjadi. Itu kemudian dapat mengirimkan peringatan ke ponsel di area di mana gelombang seismik kemungkinan besar akan melanda, memberikan peringatan dini.

Dan karena sinyal radio bergerak lebih cepat daripada gelombang seismik, peringatan dapat menjangkau area yang jauh dari episentrum gempa sebelum guncangan dimulai.

Mark Stogaitis, Insinyur Perangkat Lunak Android, Letakkan seperti ini“Kami pada dasarnya berpacu dengan kecepatan cahaya (kira-kira seberapa cepat sinyal dari perjalanan telepon) melawan kecepatan gempa bumi. Beruntung bagi kami, kecepatan cahaya jauh lebih cepat!”

Karena sebagian besar data adalah crowdsourced, teknologi ini membuka kemungkinan pemantauan gempa bumi di daerah tanpa jaringan luas seismometer yang mahal. Ini berarti meningkatkan kemungkinan untuk memberikan peringatan gempa di bagian paling terpencil dan termiskin di dunia.

Pada Oktober 2022, teknisi di Google melihat ponsel di seluruh San Francisco Bay Area Terangi dengan data deteksi gempa Di mana gelombang seismik bergerak keluar dari pusat gempa.

Sistem saat ini secara teratur menangkap getaran ini. Baru-baru ini, pada siang hari tanggal 4 April 2023, gempa bermagnitudo 4,5 yang terjadi di dekat Tres Pinos, California Diambil oleh sistem ShakeAlert, Meluncurkan pesan di ponsel untuk digunakan di area tersebut. Gempa bumi adalah kejadian umum di California Ia mengalami hingga 100 gempa bumi kecil sehari. Sebagian besar dari hal-hal ini terlalu kecil untuk dirasakan. Namun, biasanya ada beberapa gempa bumi yang lebih besar di California setiap tahunnya Sekitar 15-20 di atas ukuran 4.0.

READ  SpaceX menargetkan jendela peluncuran Starlink berikutnya pada Senin malam di Cape

Dalam skala yang lebih besar, dari perkiraan 16 miliar ponsel Digunakan di seluruh dunia, berakhir Tiga miliar Android berjalan di atasnya Sistem peringatan gempa sekarang tersedia di lebih dari 90 negara yang rawan gempa.

Tetapi sistem ini memiliki keterbatasan, terutama di Daerah terpencil di mana hanya ada sedikit pengguna telepon Dan pada gempa bumi yang terjadi di luar negeri yang dapat mengakibatkan tsunami. Dan meskipun dapat membantu mengeluarkan peringatan beberapa detik sebelumnya, ilmu untuk memprediksi gempa bumi sebelum terjadi tetap sulit dipahami seperti sebelumnya. (Baca lebih lanjut tentang Bagaimana para ilmuwan berusaha mendeteksi tanda-tanda awal dari bencana alam tersebut.)

Bergabunglah dengan 1 juta penggemar Future dengan menyukai kami Facebookatau ikuti kami Twitter atau Instagram.

Jika Anda menyukai cerita ini, Berlangganan buletin mingguan bbc.comberjudul “The Essential List” – kumpulan cerita yang dipilih dengan cermat dari BBC masa depanDan budayaDan Kehidupan kerjaDan Bepergian Dan lebih awal Dikirim ke kotak masuk Anda setiap hari Jumat.