BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Prabowo Subianto mendeklarasikan dirinya sebagai presiden baru Indonesia

Prabowo Subianto mendeklarasikan dirinya sebagai presiden baru Indonesia

Kandidat presiden Indonesia yang kontroversial, Prabowo Subianto, 72 tahun, mendeklarasikan dirinya sebagai presiden baru negara itu setelah pemungutan suara ditutup pada hari Rabu. Jajak pendapat yang dilakukan di 2.000 TPS menunjukkan hanya 58 persen pemilih yang akan memilihnya.

Menteri Pertahanan Prabowo saat ini – seperti yang diketahui semua orang – tidak membuang waktu: kelompoknya dari Partai Gerindra segera menyewa Stadion Istora Bung Karno di Jakarta, tempat ia berbicara di depan para pendukungnya yang antusias. Ia berjanji menjadi presiden bagi seluruh warga negara tanpa memandang ras, agama, dan latar belakang sosial.

Dua kandidat tersisa, Anees Basvedan dan Kanjar Pranovo, yang masing-masing memperoleh sekitar 25 persen dan lebih dari 16 persen suara, menyerukan agar mereka diam. Mereka tidak mau menunggu sampai akhir. Penghitungan sekitar 200 juta pemilih akan berlanjut hingga pertengahan Maret, setelah itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasilnya.

Sebuah proses yang kompleks

Memprediksi hasil kotak suara, seperti yang dilakukan perusahaan seperti Ipsos pada pemilu di Belanda, merupakan proses yang lebih rumit di Indonesia. Exit poll hanya dilakukan di 2.000 dari 820.000 TPS dan sebagian besar dilakukan di Pulau Jawa. Pemenangnya harus memperoleh 20 persen dari seluruh suara di separuh dari 38 provinsi yang ada di negara tersebut. Tidak banyak yang diketahui tentang nomor tersebut pada Rabu malam.

Margin yang dipertahankan oleh berbagai lembaga seperti CSIS dan Cyrus Network saat ini memberi Prabowo keunggulan besar atas lawan-lawannya. Hal ini menunjukkan bahwa ia telah mencapai ambang batas lebih dari lima puluh persen. Jika persentase tersebut tidak tercapai, maka akan diadakan pemungutan suara putaran kedua, di mana dua calon dengan perolehan suara terbanyak akan saling bersaing.

Ada beberapa hal lagi yang tidak beres. Pengawas Pemilu Bawaslu akan menyelidiki kemungkinan adanya kecurangan dalam perolehan suara 800.000 warga Indonesia yang tinggal di Malaysia. Ada laporan serius bahwa sekitar seperempat suara dicurangi.

Dia membeli suara

Kelompok Anies telah menerima beberapa laporan penipuan pemilih, di mana para pemimpin desa menekan warga untuk memilih Prabowo. Bawaslu menambahkan bahwa suara telah dibeli di beberapa provinsi dan pemilih menerima 50.000 rupee ($2,90). Awalnya soal kursi parlemen, namun tak menutup kemungkinan ada suara calon presiden juga yang dibeli.

Prabowo tak sabar menunggu keputusan akhir diumumkan 35 hari lagi. Dalam pemilu sebelumnya, ia kalah dua kali dari Presiden petahana Joko Widodo, yang tidak memenuhi syarat untuk dipilih kembali. Prabowo menantang KPU pada tahun 2014 dan 2019. Akhirnya dia mengirim pendukungnya ke jalan-jalan, mengakibatkan kerusuhan yang mengakibatkan kematian dan cedera.

Pada akhir tahun 1990an, mantan jenderal tersebut memimpin pasukan khusus yang dituduh melakukan penculikan, penyiksaan dan pembunuhan terhadap para pemimpin mahasiswa. Prabowo tidak pernah dituntut atas hal ini, sehingga membuat marah para korbannya.

Baca selengkapnya:

Penyiksaan dan penculikan menghantui calon presiden terkemuka di Indonesia

Kandidat presiden Indonesia, Prabowo Subianto, memiliki masa lalu yang dipertanyakan dalam hal hak asasi manusia. Penculikan, penyiksaan dan penghilangan merupakan hal biasa pada tahun 1998. Percakapan dengan tiga korban.

READ  Buah-buahan tropis dari Indonesia hingga pasar Eropa