The news is by your side.

Presiden Joko Widodo Minta PPDB Online Dievaluasi

0

Oleh: Jee Jaini  |

Balicitizen.com, Gresik – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) via online terutama sistem zonasi menuai banyak protes dari sejumlaj daerah. Di Surabaya misalnya bahkan walimurid sampai menggelar demonstrasi. Di Denpasar juga sempat terjadi antrean yang sudah dimulai sejak pukul 04.00 Wita.

Terkait dengan hal ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem zonasi masih perlu dievaluasi. Hal tersebut disampaikan Presiden di sela-sela kunjungan kerja dalam rangka pembagian 3.200 sertifikat tanah di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Kamis (20/6).

“Memang, di lapangan banyak masalah yang perlu dievaluasi,” ujar Jokowi.

Tetapi untuk lebih detail terkait permasalahan itu, dia meminta hal tersebut ditanyakan langsung kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

“Lebih detail tanyakan kepada Menteri Pendidikan,” lanjutnya.

Di Surabaya, penerapan PPDB berbasis zonasi mengundang demo wali murid. Para wali murid, selain mendatangi gedung Negara Grahadi, juga mendatangi Balai Kota Surabaya dan Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya. Bahkan wali murid bertahan sampai malam di kantor Dispendik.

Proses PPDB SMA/SMK sempat dihentikan oleh Dispendik Jatim. Langkah serupa juga dilakukan Dispendik Surabaya. Penghentian dilakukan dengan mematikan server PPDB. Tetapi kini laman PPDB sudah bisa diakses kembali. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.