BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Probiotik dan manfaat kesehatannya (2)

Probiotik dan manfaat kesehatannya (2)

Dia.Dia Bukan lagi berita bahwa sebagian besar minuman ringan dan minuman yang diminum masyarakat adalah minuman palsu. Sekali lagi, ini adalah peringatan untuk kembali ke Eden. Ingatlah selalu bahwa tidak ada seorang pun yang meninggal karena tidak meminum minuman ringan.

Meskipun ada yang mengatakan Hippocrates salah dalam menyatakan bahwa semua penyakit dimulai di usus, bukti menunjukkan bahwa banyak penyakit metabolik kronis yang bermula dari usus. Bakteri usus dan integritas lapisan usus sangat mempengaruhi kesehatan Anda.

Mikrobioma usus (usus adalah istilah lain untuk sistem pencernaan) kini semakin menjadi target peningkatan kesehatan manusia.

Tidak semua makanan fermentasi mengandung probiotik, yaitu mikroorganisme atau bakteri hidup yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, makanan tersebut bisa berupa makanan probiotik atau fermentasi.

Mari kita lihat beberapa makanan asli yang mengandung probiotik. Kebetulan saya akan membahas yang mengandung probiotik dan makanan fermentasi:

Air pap yang difermentasi

Ini adalah air yang berasal dari fermentasi jagung yang telah digiling dan diblender. Ini disebut “omi oji” atau “omidon” dalam bahasa Yoruba. Orang Igbo menyebutnya “mmiri akamu”. Di negeri Yoruba, digunakan untuk memasak herba.

Penelitian menunjukkan bahwa air berpotensi menjadi sumber bakteri asam laktat (BAL) yang mengandung probiotik. Dalam sebuah penelitian, omedon diketahui mengandung bakteri asam laktat (BAL) paling banyak, diikuti oleh leher rahim yang tidak dimasak.

yogurt

Dalam seri Makanan Fermentasi saya beberapa tahun yang lalu, saya membahas yogurt secara ekstensif.

Bakteri probiotik yang sehat digunakan untuk membuat yogurt. Mereka mengubah gula susu (laktosa) menjadi asam laktat, yang membuat yogurt terasa asam. Sering disebut sebagai “kultur hidup”, bakteri probiotik yang ditemukan dalam yogurt menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Bagi yang tidak mengonsumsi produk susu, susu nabati bisa dibuat menjadi yogurt. Saya baru-baru ini membuat yogurt susu kedelai. Saya akan memberikan penjelasan yang jelas bagaimana cara membuatnya.

READ  Ketakutan pada tempat umum umum terjadi pada orang dewasa dengan epilepsi

Biji kacang minyak Afrika

Ini dikenal sebagai Ugba/Ukpaka di Igboland. Ini disebut “Apara” di Yorubaland dan “Ukana” oleh Efiks. Ini adalah makanan lain yang kaya probiotik. Bijinya melalui proses fermentasi sebelum digunakan untuk menyiapkan berbagai hidangan lezat.

belalang Afrika

Kacang belalang Afrika disebut “Iro” di tanah Yoruba. Ini disebut “Dawa Dawa” di Hausa. Ini kaya akan probiotik.

Ojiri

Apakah kamu sudah mencubit hidungmu? Memang benar baunya menyengat, namun meski berbau harum, ia mempunyai banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Merupakan bumbu yang terbuat dari biji minyak yang difermentasi seperti wijen, egusi, semangka, biji minyak Afrika, minyak jarak, kedelai, biji labu bergalur (Ugwu) dan lain-lain.

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa umur simpan probiotik di Ojiri lebih baik dibandingkan di Ogba. Artinya Anda harus memilih “Ogiri” daripada “ugba”.

Mari kita perluas wawasan kita dengan membicarakan beberapa makanan non-pribumi yang kaya akan probiotik. Anda bisa membelinya di supermarket besar.

Kefir

Itu dibuat dengan menambahkan butiran kefir ke dalam susu. Kefir mengandung beberapa strain utama bakteri dan ragi yang ramah, menjadikannya probiotik yang serbaguna dan kuat. Faktanya, yogurt mengandung persentase bakteri menguntungkan dan ragi yang lebih tinggi dibandingkan yogurt.

Kombucha

Ini adalah teh hitam yang difermentasi dari Tiongkok. Kombucha diketahui mengandung sekelompok bakteri bermanfaat bagi usus dan jenis ragi. Dikenal juga dengan nama “Teh Karjasuk”. Ini sangat populer di negara ini pada awal tahun 1990an.

Tempe

Itu terbuat dari kedelai yang dimasak dan difermentasi. Telah terbukti meningkatkan konsentrasi bakteri baik di usus.

Kimchi

Menjadi favorit di kalangan orang Korea, kimchi dibuat terutama dari kubis yang difermentasi dan mengandung sejumlah besar bakteri ramah usus, Lactobacillus.

READ  Australia bertujuan untuk 'hidup dengan virus' daripada membasminya

natto

Ini adalah hidangan tradisional Jepang yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Natto kaya akan bakteri pemicu usus.

kol parut

Sauerkraut merupakan salah satu jenis kubis yang difermentasi, kaya akan bakteri baik, serta sangat mudah dan murah untuk dibuat di rumah.

Sup Kedelai Jepang

Miso digunakan dalam makanan Jepang dan Asia dan merupakan pasta yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Ini mengandung sejumlah besar bakteri ramah di usus.

Sebuah penelitian berjudul The Function of “Oji” – Fermented Grain Bubur Buatan Nigeria, dalam Pengelolaan Penyakit Gastrointestinal menyimpulkan bahwa jagung yang difermentasi mungkin memiliki potensi probiotik dan mungkin dapat meningkatkan kesehatan kekebalan usus dengan menjadi sumber makanan probiotik. Asam lemak rantai pendek (SCFA) dan oksida nitrat (NO).

Sebuah penelitian bertajuk Efek menguntungkan dari yogurt probiotik dan susu fermentasi serta makanan fungsionalnya; Elena Hadjimbe dkk menyimpulkan bahwa dari kumpulan penelitian, konsumsi yogurt yang diperkaya probiotik dan susu fermentasi menunjukkan efek kesehatan yang positif pada sejumlah kondisi penyakit.

Sebuah penelitian bertajuk “Potensi Probiotik dan Kerentanan Pertumbuhan Bakteri pada Kacang Minyak Afrika yang Difermentasi (Pentaclethra macropyhlla): A Mini-Review” yang dilakukan oleh Anosike dkk, menyimpulkan bahwa konsumsi harian biji kacang minyak Afrika (Pentaclethra macropyhlla) yang difermentasi mungkin bermanfaat dalam beberapa gangguan dalam tubuh. tubuh. dan di luar saluran gastrointestinal (GI). Oleh karena itu, dapat berfungsi sebagai produk pangan fungsional dan probiotik.

Penelitian bertajuk Isolasi spesies Lactobacillus dari biji Parkia biglobosa yang difermentasi dan penapisan aktivitas probiotiknya oleh Kuti dkk menyimpulkan bahwa spesies Lactobacillus yang diisolasi dari biji belalang yang difermentasi dapat dijadikan sebagai kandidat probiotik.

Hasil penelitian bertajuk Evaluasi Kimia dan Mikroba “Ojiri” (bumbu makanan fermentasi lokal) yang dihasilkan dari biji kacang tanah Kersting oleh Ogboni, menunjukkan potensi probiotik “Ojiri” yang baru difermentasi terhadap beberapa patogen.

READ  Covid: Angkatan Darat AS mengklaim berada di ambang pengembangan vaksin terhadap semua varian dan virus corona

Selain semua makanan fermentasi ini, terdapat banyak bukti bahwa konsumsi buah-buahan dan sayuran juga berkontribusi positif terhadap keanekaragaman bakteri di usus manusia.

Izinkan saya menjelaskan cara saya membuat yogurt susu kedelai. Cuci setengah cangkir kedelai hingga bersih, lalu rendam semalaman. Di pagi hari, ambil 3 sendok makan air yang Anda gunakan untuk merendamnya dan simpan sebagai starter yogurt Anda.

Cuci kedelai dan buang kulitnya. Campur dan saring. Jangan menambahkan terlalu banyak air saat mengayak. Anda membutuhkan susu dengan konsistensi kental untuk mendapatkan yogurt kental. Air putihnya susumu tapi harus dimasak sampai mendidih. Setelah dingin kita tuang ke dalam wadah kaca atau plastik.

Tunggu hingga hangat jika Anda memeriksanya dengan jari Anda. Tuangkan tiga sendok makan air yang Anda sisakan ke dalam campuran dan aduk. Kami menutup toples, membungkusnya dengan baik, dan membiarkannya di tempat hangat selama 12 jam. Saya menyimpannya selama 24 jam agar rasanya lebih empuk.

Saat yogurt kedelai Anda sudah siap, Anda dapat menyisihkan beberapa sendok makan sebagai starter untuk pembuatan yogurt berikutnya. Jika percobaan pertama berjalan dengan baik, Anda dapat menyiapkan lebih dari setengah cangkir kedelai untuk percobaan berikutnya.

Sekarang setelah Anda mengetahui bahwa mikroorganisme di usus Anda sangat dipengaruhi oleh pilihan makanan Anda, Anda dapat dengan mudah mendukung hal ini dengan memasukkan lebih banyak probiotik ke dalam makanan Anda.

Saya akan menunggu gambar yogurt susu kedelai Anda.