BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Program Pangan Gratis di Indonesia Menimbulkan Kekhawatiran Anggaran oleh Investing.com

Program Pangan Gratis di Indonesia Menimbulkan Kekhawatiran Anggaran oleh Investing.com

Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto telah mengusulkan program makanan sekolah gratis. Hal ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor yang khawatir terhadap keuangan negara. Prabowo, yang akan mulai berkuasa pada bulan Oktober, telah menekankan komitmennya untuk melakukan pembelanjaan yang berani dengan tetap menghormati batasan utang yang sah, yang membatasi defisit anggaran hingga 3% dari output perekonomian.

Meskipun Prabowo dan timnya berusaha menjauhkan diri dari reputasi kecerobohan finansial, namun pasar meresponsnya. Imbal hasil obligasi meningkat dan rupiah Indonesia melemah, sebagian didorong oleh menguatnya dolar AS.

Jenny Zheng, chief investment officer untuk pendapatan tetap APAC di Alliance SE (ETR:ALVG), mengatakan bahwa meskipun situasi saat ini sebagian besar dilihat sebagai gangguan pasar, persepsi risiko keuangan meningkat, yang dapat menyebabkan permintaan terhadap risiko yang lebih tinggi. premium. pada obligasi pemerintah Indonesia. Zeng juga menyebutkan ketidakpastian mengenai suksesi Menteri Keuangan Shri Mulyani Indravathy, yang masa jabatannya ditandai dengan kehati-hatian fiskal.

Sebagai respons terhadap permasalahan anggaran, salah satu bankir pemberi pinjaman Tiongkok di Indonesia melaporkan mengalihkan sekitar 30% portofolionya ke instrumen dengan jatuh tempo lebih rendah, termasuk obligasi rupiah jangka pendek yang diterbitkan oleh Bank Indonesia.

Kemenangan Prabowo pada pemilu bulan Februari telah membuat rencana belanjanya menjadi sorotan. Inisiatif pangan gratisnya diperkirakan menelan biaya 71 triliun rupee ($4,35 miliar) pada tahun 2025. Keuangan Indonesia telah membaik di bawah pemerintahan saat ini, dengan surplus anggaran dan obligasi tingkat investasi, sebuah peningkatan yang signifikan dari status sampah pada awal abad ini. .

Meskipun ada potensi manfaat dari belanja yang lebih tinggi untuk memenuhi target pertumbuhan ekonomi sebesar 8%, investor seperti manajer portofolio William Blair, Clifford Lau, tetap berhati-hati dan mengubah bobot investasi mereka.

READ  Orang tua menggugat pemerintah Gambia ke pengadilan: Anak-anak meninggal karena obat batuk beracun

Investasi portofolio asing telah berkurang, dengan penarikan rupee sebesar $2,8 miliar dari obligasi pemerintah dan pasar saham pada bulan Juni tahun ini. Rupee telah kehilangan lebih dari 5% tahun ini ke level terendah dalam empat tahun terhadap dolar, meskipun hal ini sejalan dengan tren penurunan umum di antara mata uang negara-negara berkembang.

Investor juga tertarik dengan obligasi India, yang menawarkan imbal hasil serupa dan baru-baru ini dimasukkan dalam indeks global JP Morgan. Alhasil, imbal hasil (yield) obligasi Indonesia bertenor 10 tahun naik 35 basis poin menjadi 7,05% dibandingkan akhir Mei.

Namun, beberapa investor optimis terhadap strategi fiskal Prabowo, yang mencakup rencana peningkatan pendapatan, peningkatan kepatuhan pajak, dan menjaga defisit anggaran pada 2,8% PDB. Jerome Day dari Abrdn, manajer investasi untuk Asia, memberikan pandangan bullish pada obligasi pemerintah Indonesia dalam jangka menengah, mengutip imbal hasil yang tinggi dan ekspektasi bahwa Federal Reserve akan segera menurunkan suku bunga, sehingga memberikan kelegaan bagi investor rupiah dan obligasi.

Meskipun terdapat risiko, termasuk jatuh tempo utang yang signifikan pada tahun 2025, persentase kepemilikan asing pada obligasi pemerintah yang lebih rendah dibandingkan satu dekade lalu menunjukkan bahwa Indonesia tidak terlalu rentan terhadap guncangan eksternal. Seperti yang dikatakan Shri Muliani, kemampuan pemerintah melakukan refinancing bergantung pada menjaga kepercayaan pasar.

Reuters berkontribusi pada artikel ini.

Artikel ini diterjemahkan menggunakan kecerdasan buatan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Ketentuan Penggunaan kami.