BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bank sentral Indonesia mengisyaratkan kemungkinan penurunan suku bunga pada kuartal keempat melalui Investing.com

Bank sentral Indonesia mengisyaratkan kemungkinan penurunan suku bunga pada kuartal keempat melalui Investing.com

Gubernur bank sentral Indonesia Perry Warjio mengindikasikan bahwa jika nilai rupiah tetap stabil, ada kemungkinan penurunan suku bunga pada kuartal keempat tahun 2024.

Rupee baru-baru ini mencapai titik terendah dalam empat tahun terhadap dolar AS, menghadapi volatilitas akibat penguatan dolar dan kekhawatiran terhadap rencana belanja pemerintah yang baru.

Namun, mata uang tersebut menunjukkan tanda-tanda stabilisasi setelah fluktuasi tersebut. Vargio mengaitkan stabilisasi tersebut dengan ekspektasi penurunan suku bunga Federal Reserve AS yang diperkirakan akan terjadi pada akhir tahun ini. Langkah bank sentral AS ini diperkirakan akan berkontribusi pada penguatan rupee.

Pada tahun 2024, gubernur mengumumkan di Parlemen bahwa rupee akan rata-rata berada di kisaran 15.700 dan 16.100 terhadap dolar. Pada saat dia berbicara, rupee berada di level 16.250 terhadap dolar.

Warjiyo menegaskan, tujuan utama bank sentral saat ini adalah menjamin stabilitas mata uang. Setiap keputusan untuk menurunkan suku bunga bergantung pada kinerja rupee, dengan fokus pada kuartal keempat untuk kemungkinan perubahan suku bunga kebijakan.

Reuters berkontribusi pada artikel ini.

Artikel ini diterjemahkan menggunakan kecerdasan buatan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Ketentuan Penggunaan kami.

READ  Persaudaraan Doreen dan Brad Binder di Indonesia