BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Proyek BASF di Indonesia membantu masyarakat yang tidak memiliki kontak dengan dunia luar

Proyek BASF di Indonesia membantu masyarakat yang tidak memiliki kontak dengan dunia luar

Pada tahun 2020, BASF mengumumkan rencana untuk bersama-sama memurnikan nikel dan kobalt yang diekstraksi oleh tambang lokal Teluk Veda dengan Eramet milik Prancis. Namun ekstraksi logam tersebut mengancam kelangsungan habitat masyarakat adat Hongana Manyawa.

Lebih dari 20.000 email dikirim ke perusahaan melalui upaya Survival International. Organisasi ini juga telah melobi pihak berwenang Jerman.

Minta makanan

Organisasi tersebut mengatakan bahwa video baru-baru ini yang menunjukkan beberapa orang dari negara terpencil tersebut mengemis makanan di kamp pertambangan tampaknya menjadi penentu dalam kampanye tersebut. Menurut Survival International, video tersebut dibagikan secara luas di media sosial dan mendorong politisi senior Indonesia untuk mempertimbangkan masalah ini.

Namun, BASF sendiri menyebut faktor ekonomi membuat proyek tersebut dibatalkan. Karena permintaan mobil listrik rendah, tidak perlu investasi miliaran dolar di bidang ini. Nikel penting untuk baterai mobil listrik.

Perubahan akan datang

Direktur Survival International Caroline Pearce mengatakan ini adalah pengumuman besar bagi perusahaan. Namun bukan berarti bahaya bagi penduduk setempat sudah berakhir. Menurutnya, pengerjaan tambang tersebut masih terus berlanjut. “Eramed dan perusahaan lain masih merusak hutan hujan.”

Survival International percaya bahwa perubahan akan terjadi. Tesla baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka sedang mempelajari “perlunya zona larangan bepergian” untuk melindungi orang dari kontak dengan dunia luar. Produsen mobil listrik Amerika ini sangat berpengaruh dan memiliki kontrak bernilai miliaran dolar dengan pemasok nikel dan kobalt Indonesia.

READ  Semua balapan Grand Prix Minyak India di India dipersingkat karena cuaca panas