BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Puluhan hilang setelah gempa bumi di Indonesia, termasuk gadis berusia 7 tahun

Gempa di Jawa Barat menewaskan lebih dari 270 orang dan melukai 2.000 orang. Jumlah korban tewas kemungkinan akan meningkat lebih lanjut. 22.000 rumah rusak dan lebih dari 60.000 orang dievakuasi. Gambar yang diambil tak lama setelah gempa jelas menunjukkan tingkat kerusakan:

Mereka mencari korban bencana. Alat berat, helikopter, dan ribuan pekerja penyelamat terlibat dalam pencarian. Sejak gempa, orang-orang telah dievakuasi dari reruntuhan, termasuk seorang anak laki-laki berusia 6 tahun yang tidak makan dan minum selama dua hari.

Hujan dan gempa bumi mempersulit pekerjaan penyelamatan. Tanah longsor juga memblokir jalan, membuat beberapa desa hanya dapat diakses dengan helikopter. Petugas menyediakan minuman, makanan, tenda dan popok.

‘Tantangan Utama’

Banyak orang lain menunggu bantuan. Presiden Joko Widodo berbicara tentang “tantangan besar” dalam memberikan bantuan karena “terlalu banyak” tempat yang terkena dampak dan daerahnya bergunung-gunung. Dia membawanya hari ini Sebuah kunjungan ke Gujenang, salah satu daerah yang terkena dampak terparah.

Gempa Senin berkekuatan 5,6 skala Richter. Pusat gempa berada di kedalaman 10 km di Kabupaten Cianjur yang padat penduduk. Indonesia adalah bagian dari wilayah yang dikenal sebagai Cincin Api di Samudra Pasifik di mana gempa bumi dan letusan gunung berapi sering terjadi.

READ  Tekanan pada polisi meningkat setelah 32 anak tewas dalam drama stadion Indonesia