BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Puluhan politisi yang memiliki 'kecacatan pada logonya' berpeluang memenangkan kursi di Parlemen Eropa

Puluhan politisi yang memiliki 'kecacatan pada logonya' berpeluang memenangkan kursi di Parlemen Eropa

Berita dan politik29 Mei 24 pukul 13:24pengarang: Edit Web BNR

Satu dari lima calon anggota Parlemen Eropa memiliki reputasi yang buruk. Hal ini terlihat jelas dari penelitian yang dilakukan oleh Follow the Money yang meneliti latar belakang 472 anggota parlemen dari sepuluh negara anggota yang berpeluang memenangkan kursi pada 9 Juni. “86 dari para pesaing ini mengalami masalah integritas,” kata Liz Whitman, jurnalis investigasi di Follow the Money. Hebatnya, banyak ditemukan skandal, terutama pada spektrum politik sayap kanan.

Puluhan politisi yang memiliki 'kecacatan pada logonya' berpeluang memenangkan kursi di Parlemen Eropa

Calon anggota Parlemen Eropa dari Belanda juga diselidiki. “Kabar baiknya adalah kami tidak menemukan apa pun di sana.” Sejauh yang kami lihat, kami bisa masuk Parlemen Eropa dengan catatan bersih.

Baca juga | Sanksi terhadap orang-orang di balik “saluran propaganda Rusia” Voice of Europe

Whitman menjelaskan, ada beberapa alasan mengapa politisi sayap kanan khususnya mempunyai masalah integritas. Misalnya, Partai Rakyat Eropa, sebuah kelompok sayap kanan, adalah kelompok terbesar di Parlemen. “Tetapi kami juga menemukan mereka di kalangan konservatif Eropa dan partai sayap kanan I&D.”

Jurnalis investigasi mencatat ada satu pihak yang benar-benar menarik perhatian. “Ini adalah Partai Hukum dan Keadilan Polandia (PiS).” Dalam beberapa tahun terakhir mereka juga bertugas di pemerintahan Polandia. Kami menemukan sekitar sebelas kandidat yang punya skandal di sana. Skandal yang menjadi pemberitaan politisi bisa saja berkaitan dengan hal-hal sederhana, misalnya penipuan CV. Namun permasalahan yang lebih besar seperti penyuapan juga muncul dari penelitian tersebut.

Baca juga | “Karyawan Marcel De Graaf (FvD) menjadi sasaran penyelidikan campur tangan Rusia”

READ  Linen selalu ceria | Kursus Nyanyian Burung No. 11 - Early Bird

Suara Eropa

Bagi Follow the Money, banyaknya skandal di Parlemen Eropa menjadi alasan untuk menyelidiki latar belakang calon politisi. Misalnya, Parlemen Eropa sedang menangani kasus suap dari Qatar, dan penyelidikan sedang dilakukan terhadap pengaruh Rusia dan Tiongkok. Polisi Belgia hari ini menyelidiki seorang pegawai partai politik FvD Marcel de Graaf.

Pegawai ini disebut-sebut berpotensi mempengaruhi Kremlin di outlet Voice of Europe. Platform ini mempekerjakan politisi dari partai sayap kanan, misalnya, untuk mengorganisir demonstrasi anti-Ukraina dan pro-Rusia, kata badan intelijen Belgia dan Ceko. Anggota Parlemen Eropa juga bisa menerima uang untuk ini.

Satu dari lima calon anggota Parlemen Eropa memiliki reputasi yang buruk. Foto: Guillaume Perejois