BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

‘Pusaran’ aneh muncul di langit malam di atas Hawaii |  Ruang kosong

‘Pusaran’ aneh muncul di langit malam di atas Hawaii | Ruang kosong

Sebuah kamera di puncak gunung tertinggi Hawaii telah menangkap apa yang tampak seperti spiral yang berputar-putar di langit malam.

Para peneliti percaya bahwa fenomena aneh tersebut terkait dengan satelit GPS militer yang diluncurkan dari roket SpaceX di Florida.

Gambar-gambar itu diambil pada 18 Januari dengan kamera di puncak Mauna Kea, di luar Observatorium Astronomi Nasional Teleskop Subaru Jepang.

Video selang waktu menunjukkan bola putih menyebar dan membentuk pusaran saat bergerak melintasi langit. Kemudian memudar dan menghilang.

Ichi Tanaka, seorang peneliti di observatorium, mengatakan dia sedang melakukan pekerjaan lain malam itu dan tidak langsung melihatnya. Kemudian seorang pengamat bintang yang menonton umpan langsung kamera di YouTube mengirim tangkapan layar spiral menggunakan platform perpesanan online.

“Saat saya membuka Slack, inilah yang saya lihat dan ini merupakan peristiwa yang luar biasa bagi saya,” kata Tanaka. Dia melihat pusaran serupa April lalu, juga setelah peluncuran SpaceX, tapi itu lebih besar dan redup.

SpaceX meluncurkan satelit militer pada pagi hari tanggal 18 Januari dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida. Lokasi heliks cocok dengan tahap kedua roket SpaceX yang diharapkan setelah peluncuran.

SpaceX tidak menanggapi email yang meminta komentar.

Tanaka mengatakan observatorium telah memasang kamera untuk mengamati sekeliling di luar Teleskop Subaru dan membagikan gambar langit cerah Mauna Kea. Dia mengatakan seseorang yang mengamati langit dalam kondisi kurang cerah, katakanlah dari Tokyo, mungkin tidak akan melihat siput itu.

Siaran langsung dijalankan bekerja sama dengan surat kabar Jepang Asahi Shimbun, dan sering menarik ratusan pemirsa. Beberapa orang menyetel untuk menonton meteor.

KTT Mauna Kea memiliki beberapa Kondisi tampilan terbaik di Bumi untuk astronomi, menjadikannya tempat favorit untuk observatorium tercanggih di dunia. atas juga Itu dianggap suci oleh banyak penduduk asli Hawaiiyang memandangnya sebagai tempat tinggal para dewa.

READ  Laporan mengatakan industri hewan AS menimbulkan risiko penyakit bagi manusia