BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Putusan di Asia – Pasar sedang dalam suasana liburan – 22 November 2023 pukul 22.45

Putusan di Asia – Pasar sedang dalam suasana liburan – 22 November 2023 pukul 22.45

Sekilas tentang pasar Asia hari ini dari Louis Krauskopf, koresponden pasar.

Pasar optimis menjelang perdagangan Asia dan libur Thanksgiving di AS, dengan saham-saham melanjutkan kenaikan besarnya bulan ini, didorong oleh harapan akan suku bunga yang lebih menguntungkan. Indeks acuan S&P 500 Wall Street ditutup naik 0,4%, mendekati level tertinggi baru pada tahun 2023. S&P 500 dan MSCI All-Country Index naik lebih dari 8% pada bulan ini saja, dan Nasdaq Composite yang sarat teknologi naik 11%. Pasar masih mencerna risalah rapat terbaru Federal Reserve, yang menunjukkan para pejabat bank sentral sepakat bahwa mereka akan bertindak hati-hati dan menaikkan suku bunga hanya jika kemajuan dalam pengendalian inflasi terhenti.

Faktanya, banyak investor kini tampak yakin bahwa The Fed sudah selesai menaikkan suku bunga untuk siklus ini, dan menargetkan pertengahan tahun depan ketika bank sentral akan mulai menurunkan suku bunga. Bahkan aksi jual Nvidia pasca-hasil tidak dapat meredam suasana pada hari Rabu. Setelah naik lebih dari 200% tahun ini, saham Nvidia ditutup melemah 2,5% pada hari Rabu di tengah kekhawatiran bahwa peningkatan pembatasan AS pada sektor chip akan memperlambat pertumbuhan di Tiongkok.

Selain Nvidia, saham perusahaan lain dalam grup Magnificent Seven Megacap naik pada hari Rabu, dengan saham Amazon naik sekitar 2% dan saham Alphabet dan Microsoft naik lebih dari 1%. Sebagian besar indeks saham global diperkirakan akan menunjukkan sedikit kenaikan pada tahun depan, menurut jajak pendapat pakar pasar saham Reuters. Pasar Jepang juga tutup pada hari Kamis untuk hari libur nasional. Pada hari Rabu, Nikkei naik 0,3%, membawa indeks Jepang mendekati level tertinggi baru dalam tiga dekade. Saham Tiongkok juga melemah pada sesi Rabu karena pelaku pasar menunggu stimulus lebih lanjut bagi perekonomian Tiongkok. Indeks CSI 300 turun 1%. Reuters melaporkan bahwa penasihat pemerintah Tiongkok pada pertemuan tahunan para pembuat kebijakan akan merekomendasikan target pertumbuhan ekonomi untuk tahun depan berkisar antara 4,5% hingga 5,5%, seiring upaya Beijing untuk menciptakan lapangan kerja dan menjaga tujuan pembangunan jangka panjang tetap pada jalurnya. Sementara itu, indeks dolar menguat, kembali dari level terendah dalam dua setengah bulan. Data ekonomi menunjukkan bahwa jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru tunjangan pengangguran turun lebih dari yang diperkirakan pada minggu lalu. Yen melemah pada hari Rabu, diperdagangkan sekitar 150 yen terhadap dolar. Meskipun spekulasi bahwa Bank of Japan akan mengakhiri suku bunga negatif pada awal tahun depan dapat membantu menstabilkan yen, mata uang Jepang masih menghadapi hambatan yang kuat.

READ  IMF: Tanpa adanya harga karbon dioksida, transisi iklim akan menjadi drama utang

Harga minyak turun setelah produsen OPEC+ secara tak terduga menunda pertemuan mengenai pengurangan produksi.

Volume perdagangan diperkirakan akan tetap rendah selama sisa minggu ini, dengan pasar AS tutup pada hari Kamis.

Berikut adalah perkembangan utama yang dapat memberikan arahan lebih lanjut bagi pasar pada hari Kamis:

– Indeks Harga Konsumen di Singapura

– Rapat Bank Sentral Indonesia

– Flash PMI di Zona Euro