BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ranchi Kids: Podcast Warisan Kolonial

Pada tahun 1950, tepat setelah kemerdekaan Indonesia, kapal Ranchi berlayar ke Belanda. Di atas kapal adalah tentara KNIL dan keluarga mereka yang meninggalkan negara itu dengan tergesa-gesa. Kapal tiba di Amsterdam sebulan kemudian. Sementara itu, 37 bayi lahir di kapal tersebut. Pembuat film dokumenter Joost Wilgenhof melacak dugaan anak-anak Ranchi ini dan mengubah cerita yang dia temui menjadi podcast 6 bagian dan film pendek. Anak-anak Ranchi – Warisan Kolonial Dia menggali sejarah dan berjuang dengan masa lalu kolonial.

Foto bersama 34 ibu dan 37 anak

Ide membuat podcast muncul saat Jost melihat foto bersama 34 ibu dan 37 anak tiba di Jawakade. Banyak anak diberi nama yang mengingatkan tempat mereka dilahirkan: Renny, Ranchis atau Ranchia. Mereka tidak diberi negara kelahiran di paspor mereka, tetapi diberi format. Anak-anak sejak saat itu kini berusia 72 tahun.

5 cerita keluarga

Podcast ini menceritakan kisah 5 “Keluarga Ranchi”. Kisah mereka tidak terisolasi, mereka adalah simbol ketidakmampuan Belanda menghadapi masa lalu sebagai bekas penjajah. Wilgenhof juga mengikuti peneliti Esther Captain dalam serial tersebut. Dia terlibat dalam penelitian besar pemerintah pada periode kekerasan antara 1945-1950.

Podcast dan Dokumenter

podcast Anak-anak Ranchi – Warisan Kolonial Dimulai dari Rabu 5 Oktober 2022 Dapat didengarkan di Radio NPO 1. Setelah itu, episode baru akan dirilis setiap minggu. Film dokumenter ini akan ditayangkan di Amsterdam pada Minggu 9 Oktober 2022. Selain itu, berbagai acara seperti makan malam diselenggarakan untuk membicarakan topik-topik dari podcast.

Topik ini akan dibahas pada 4 Oktober 2022 pada Time for MAX, 17:10 pada NPO1.

(Sumber: Ranchibabys.nl, NPO Radio 1. Foto: Koleksi pribadi Martin Esser)