BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Rencana NASA untuk kembali ke bulan mendapat pukulan besar

Rencana NASA untuk kembali ke bulan mendapat pukulan besar

Catatan Editor: Versi cerita ini muncul di buletin sains CNN, Wonder Theory. Untuk mendapatkannya di kotak masuk Anda, Daftar gratis di sini.



CNN

Manusia mendarat di bulan selama program Apollo NASA pada akhir tahun 1960an dan 1970an menggunakan komputer yang memiliki kekuatan pemrosesan yang jauh lebih kecil dibandingkan ponsel pintar saat ini.

Namun, bahkan setelah lima dekade, pendaratan di bulan masih jauh dari kata mudah.

Beberapa misi penting selama beberapa tahun terakhir telah membuktikan hal ini: Pesawat luar angkasa Beresheet Israel Pesawat tersebut menabrak ladang vulkanik bulan kuno yang disebut Laut Serenity pada tahun 2019, dan tahun lalu, misi Luna 25 Rusia dan sebuah pesawat ruang angkasa komersial jatuh. Pendarat Jepang disebut Hakuto-R Keduanya jatuh di permukaan bulan. (Namun, India merayakan menjadi negara keempat Untuk mendaratkan pesawat ruang angkasa di permukaan bulan.)

Berhasil atau tidaknya upaya ini, hal ini merupakan bagian dari perlombaan luar angkasa baru yang mendorong eksplorasi bulan menjadi pusat perhatian. Beberapa proyek diperkirakan akan mengarah ke bulan tahun ini dengan tujuan soft landing.

Penerbangan pertama – misi komersial di luar Amerika Serikat – tidak berjalan sesuai rencana.

Dari Astrobotik

Astrobotic Technology membagikan gambar pertama pendarat bulan Peregrine di luar angkasa pada hari Senin. Pendarat mengalami kehilangan propelan yang “kritis” karena kebocoran bahan bakar setelah lepas landas.

Astrobotic Technology, sebuah perusahaan yang berbasis di Pittsburgh, yang – berdasarkan kontrak senilai $108 juta dengan NASA – mengembangkan pendarat bulan Amerika pertama yang diluncurkan dalam lima dekade. Dia membatalkan rencananya untuk mencoba pendaratan lunak Untuk misi Peregrine One ke Bulan.

READ  Kondisi badai geomagnetik yang 'parah' berdampak pada Bumi, NOAA mengatakan: Apa yang perlu diketahui

Pesawat ruang angkasa itu berhasil lepas landas pada hari Senin dengan menggunakan roket Vulcan Centaur, kendaraan baru yang dikembangkan oleh United Launch Alliance yang sedang dalam penerbangan perdananya. Tak lama kemudian, Peregrine mengalami kehilangan propelan yang “kritis” karena kebocoran bahan bakar, yang berarti pendaratan terkendali di permukaan bulan, yang semula dijadwalkan pada 23 Februari, tidak mungkin dilakukan, menurut Astrobotic.

NASA berharap Peregrine 1 akan membawa keberhasilan awal pada program Layanan Muatan Bulan Komersial, yang bertujuan untuk menurunkan biaya pembangunan pendarat bulan – terutama sejak badan antariksa tersebut Negara ini menghadapi penundaan yang lama dalam mengembalikan astronot ke bulan.

Orang-orang Eropa Utara termasuk di antara orang-orang yang paling berisiko terkena penyakit autoimun multiple sclerosis yang melemahkan, dan sebuah studi baru berdasarkan DNA yang diekstraksi dari tulang dan gigi kuno telah memberikan petunjuk mengenai penyebabnya.

Perbandingan lebih dari 1.000 genom kuno, yang dikumpulkan sebagai bagian dari database baru, telah menemukan hubungan antara risiko pengembangan multiple sclerosis dan kesamaan nenek moyang dengan sekelompok penggembala nomaden Zaman Perunggu yang dikenal sebagai Yamnaya.

Para peneliti percaya bahwa para pengembara ini, yang berasal dari stepa Eropa Tengah, pindah ke barat dan memperkenalkan varian genetik yang sebelumnya memberikan perlindungan terhadap patogen menular yang dibawa oleh hewan peliharaan namun kemudian berevolusi. Untuk mempengaruhi penyakit modern Dengan cara yang sangat berbeda.

Ying Qi Zhang

Banyak gua yang berisi fosil Gigantopithecus blackii terletak di lanskap karst yang khas di wilayah Guangxi, Tiongkok.

Apa yang menyebabkan punahnya kera terbesar yang pernah hidup?

Penelitian baru yang diterbitkan minggu ini telah memberikan lebih banyak pencerahan tentang misteri hilangnya Gigantopithecus blacki – spesies primata yang kadang-kadang disebut King Kong asli karena panjangnya sekitar 10 kaki (3 meter).

READ  Peringatan besar dari badai matahari setelah ledakan besar dari matahari menghantam Bumi

Ahli paleontologi telah menganalisis dan menentukan umur fosil dan sedimen dari gua tempat sisa-sisa hewan ditemukan untuk memahami bagaimana pola makan mereka dan lingkungan tempat tinggal makhluk tersebut berubah seiring waktu, sehingga mempersempit ruang lingkup pencarian. Kemungkinan kerangka waktu dan alasannya terhadap kepunahan spesies.

Gigantopithecus ditemukan pada tahun 1935 setelah ahli paleontologi GHR von Koenigswald menemukan gigi besar yang dijual sebagai “tulang naga” di sebuah toko obat tradisional di Hong Kong.

Ledakan radio cepat pertama, atau FRB, terdeteksi pada tahun 2007, dan sejak itu, para ilmuwan telah mendeteksi ratusan ledakan gelombang radio yang intens dan berdurasi milidetik yang datang dari titik-titik jauh di seluruh alam semesta.

Banyak hal mengenai kilatan kosmik cepat ini dan asal usulnya masih belum diketahui. Namun kini para astronom sedang melacaknya Salah satu semburan radio cepat yang paling kuat dan jangkauannya jauh Ia telah ditemukan kembali ke rumah kosmiknya yang tidak biasa: gugus galaksi “seperti titik” yang langka.

Penemuan tak terduga ini dapat memberikan wawasan tentang apa yang menyebabkan semburan gelombang radio misterius, sebuah pertanyaan yang membingungkan para ilmuwan selama bertahun-tahun.

Biologi Saat Ini Mooney dkk.

Fosil kulit tertua yang diketahui setidaknya berusia 130 juta tahun lebih tua dari fosil tertua yang diketahui sebelumnya. Permukaan batu bulatnya menyerupai sisik buaya.

Fosil kulit tertua di dunia milik sejenis reptil yang hidup sebelum dinosaurus menjelajahi Bumi.

Dengan permukaan berkerikil menyerupai sisik buaya, potongan kulit tersebut berusia lebih dari 289 juta tahun, setidaknya 130 juta tahun lebih tua dari fosil kulit tertua yang diketahui sebelumnya, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan Kamis.

READ  Hubble mendeteksi cahaya hantu misterius yang mengelilingi tata surya kita

Kulit dan jenis jaringan lunak lainnya jarang berubah menjadi fosil, karena lebih mudah terurai dibandingkan tulang.

Namun para peneliti di Universitas Toronto Mississauga yakin spesimen ini diawetkan karena… Properti unik Lokasinya: Sistem gua batu kapur Richards Spur di Oklahoma, tempat banyak contoh awal hewan darat awal ditemukan.

Perhatikan kisah-kisah indah ini:

— Tiongkok, bekerja sama dengan Badan Antariksa Eropa dan lembaga lainnya, Ia meluncurkan penyelidikan untuk mencari semburan sinar-X Lubang hitam dan fenomena luar angkasa berenergi tinggi lainnya.

Meskipun terdapat kekhawatiran yang semakin besar dari para ilmuwan dan aktivis lingkungan, Norwegia mungkin menjadi negara pertama yang mengizinkan penambangan laut dalam.

– Kapal layar tiga tiang berusia 106 tahun, dalam perjalanan dua tahun untuk mengikuti suatu jalur Pelayaran penting oleh naturalis Inggris Charles Darwin Hal ini banyak menginspirasi teori evolusinya.

– Lebih tua dan sama besarnya Kerabat T. rex yang baru diidentifikasi Di New Mexico, menurut peneliti.

Suka dengan apa yang saya baca? Oh, tapi masih ada lagi. Daftar disini Untuk menerima edisi Wonder Theory berikutnya di kotak masuk Anda, yang dipersembahkan oleh penulis CNN Space and Science Ashley Strickland Dan Katie Berburu. Mereka menemukan keajaiban planet-planet di luar tata surya kita dan penemuan-penemuan dari dunia kuno.