BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ripple effect terhadap ekspor pohon palem Mesir ke Indonesia

Ripple effect terhadap ekspor pohon palem Mesir ke Indonesia

Menurut Eastfruit, Indonesia telah mengurangi impor kurma dari Mesir secara signifikan pada sembilan bulan pertama (Juli-Maret) musim 2023/24. Namun eksportir kurma Mesir merupakan pemasok utama ke pasar Indonesia.

Antara Juli 2023 hingga Maret 2024, impor kurma Indonesia dari Mesir kurang dari 15.000 ton, turun lebih dari 25% dibandingkan periode yang sama pada musim sebelumnya. Dengan tidak adanya tanggal Mesir untuk Indonesia pada bulan April dan Mei, jelas bahwa musim ini akan menjadi musim yang paling tidak berhasil bagi eksportir Mesir ke Indonesia dalam sejarah.

Alasan utama penurunan ini adalah blokade Laut Merah oleh pasukan Houthi Yaman, yang tercermin pada angka impor Indonesia. Meskipun ada rekor impor kurma dari Mesir pada bulan Desember 2023, jumlahnya turun ke titik terendah sepanjang masa pada bulan Januari karena serangan serius terhadap kapal sipil di Laut Merah.

Indonesia, yang merupakan negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, merupakan pengimpor kurma terbesar kedelapan berdasarkan volume dan terbesar keenam berdasarkan nilai moneter. Negara ini mengimpor rata-rata 50.000 hingga 60.000 ton kurma per musim.

Mesir telah melampaui Indonesia untuk peringkat pertama dalam peringkat pemasok, diikuti oleh negara-negara Teluk Persia seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Dalam sembilan bulan pertama musim ini, Arab Saudi telah melampaui total volume impor musim sebelumnya (10,3 ribu ton). Tunisia dan Iran biasanya menempati posisi keempat dan kelima, sementara pemasok utama lainnya termasuk Libya, Aljazair, Irak, Amerika Serikat, Palestina, dan Pakistan.

Impor kurma Indonesia biasanya meningkat pada bulan Oktober dengan datangnya produk dari Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Mesir, Tunisia dan Iran berkontribusi terhadap pasar pada bulan Desember, dengan Mesir mendominasi periode Januari hingga Maret. Volume impor turun tajam pada bulan April dan mencapai titik terendah pada bulan-bulan musim panas.

READ  "Akhirnya selesai lagi, Alix sangat kuat"

Sumber: timur-buah.com

Tanggal rilis: