BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Roket SpaceX Falcon 9 diluncurkan dari Cape Canaveral dengan 23 satelit Starlink – Spaceflight Now

Roket SpaceX Falcon 9 diluncurkan dari Cape Canaveral dengan 23 satelit Starlink – Spaceflight Now

SpaceX berpacu dengan waktu untuk mempersiapkan roket Falcon 9 untuk lepas landas dari Cape Canaveral pada Selasa malam, karena persiapan peluncuran terlambat dari jadwal. Peluncuran dengan konstelasi 23 satelit Starlink saat ini dijadwalkan pada Rabu pagi pukul 02:47 EDT (0747 UTC).

Misi Starlink 6-29 awalnya dijadwalkan diluncurkan pada Selasa malam pukul 23:01 EDT (0401 UTC), tetapi SpaceX menunda peluncurannya dua kali. Ada satu peluang peluncuran cadangan yang tersisa pada Rabu pagi, pukul 02:59 EDT (0759 UTC).

Roket Falcon 9 diangkat tegak di Space Launch Complex 40 sesaat sebelum pukul 10 malam EDT (0300 UTC), lebih lambat dari yang diperkirakan. Misi sebelumnya diluncurkan dari Pad 40 hanya empat hari yang lalu, jadi jika waktu peluncuran saat ini bertahan, ini akan menjadi upaya penyelesaian fasilitas peluncuran tercepat ketujuh.

Roket Falcon 9 diangkat tegak di Space Launch Complex 40 saat SpaceX melanjutkan rencananya untuk misi pengiriman Starlink. Gambar: Adam Bernstein/Penerbangan Luar Angkasa Sekarang.

Kondisi cuaca pada hari Senin akan 90 persen menguntungkan pada saat kesempatan pertama muncul dan peluang turun sedikit menjadi 75 persen pada akhir jendela peluncuran, kata ahli meteorologi Angkatan Luar Angkasa A.S. dari Skuadron Cuaca ke-45.

Setelah lepas landas dari Cape Canaveral, roket Falcon 9 akan diluncurkan pada lintasan tenggara dengan sasaran orbit yang miring 43 derajat terhadap garis khatulistiwa. Setelah membakar sembilan mesin Merlin 1D selama sekitar dua setengah menit, tahap pertama akan terpisah dari tahap kedua dan melanjutkan penurunannya hingga mendarat di kapal drone “A Shortfall of Gravitas” di Samudera Atlantik, sekitar 424 mil (682 km) jauhnya. ) dari situs peluncuran.

File foto satelit Starlink V2 Mini SpaceX di dalam fasilitas pemrosesan muatan di Cape Canaveral awal tahun ini. Kredit: SpaceX

Sedangkan di bagian atas, mesin vakum Merlin tunggal tahap kedua akan menyala sekitar enam menit untuk mencapai orbit parkir. Setelah menjelajah selama kurang lebih 45 menit, mesin tahap kedua akan dihidupkan kembali selama 2 detik untuk mengoptimalkan orbit. 23 satelit Mini Starlink V2 akan dikerahkan sekitar satu jam lima menit setelah peluncuran.

READ  SpaceX mengalami masalah dalam pelayaran pertamanya. Itu bisa menjadi jauh lebih buruk

Ini akan menjadi peluncuran orbit ke-87 SpaceX tahun ini dan penerbangan roket Falcon 9 ke-276 hingga saat ini.

Liputan langsung peluncuran Spaceflight Now akan dimulai sekitar satu jam sebelum lepas landas. Anda juga dapat menyaksikan pemandangan landasan peluncuran Cape 24/7 di siaran langsung landasan peluncuran kami.