BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Rumah sakit Flemish lelah dengan perlakuan istimewa terhadap pasien corona | Luar negeri

Tekanan terhadap rumah sakit Belgia kembali meningkat akibat gelombang keempat Corona. Pekan lalu, 172 pasien Covid-19 dirawat per hari, meningkat sepertiga dari minggu sebelumnya. Menurut data terbaru dari otoritas kesehatan, saat ini ada 1.899 orang dengan Covid-19 di rumah sakit, 364 di antaranya dalam perawatan intensif, meningkat 42 persen. Pada hari Selasa, lebih dari 10.000 infeksi dihitung dalam satu hari untuk pertama kalinya tahun ini. Rumah sakit sekarang memesan seperempat dari tempat tidur perawatan intensif mereka untuk pasien virus corona.

‘Sulit untuk membenarkan secara moral’

“Katakanlah kapasitas Anda sangat terbatas dan satu-satunya tempat tidur yang tersisa adalah salah satu tempat tidur Covid yang dicadangkan. Ada darurat akut, lalu kami mendaftarkannya dan meletakkannya di tempat tidur Covid,” kepala petugas medis Christian Deckers dari tiga rumah sakit GZA kata kelompok itu di Antwerp atv. Pembenaran untuk tidak melakukannya dibenarkan secara moral.”

Menteri Kesehatan Belgia Frank Vandenbroek mengatakan dia memahami “frustrasi di rumah sakit: hebat, sangat sulit”. Tapi dia menolak pilihan untuk tidak membiarkan keluarga kosong. “Kalau tidak pesan tempat tidur, pasien Covid akan segera masuk ke lorong,” katanya di acara radio VRT De Morgen.

Perjanjian yang kita bicarakan dibuat oleh sektor rumah sakit itu sendiri. “Jika mereka tidak melakukan ini bersama-sama, sistem akan runtuh,” kata menteri. Vermassen menegaskan bahwa “seorang pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan intensif akan mendapatkannya.”

Karena pandemi, operasi di rumah sakit Belgia juga telah ditunda selama beberapa bulan. Misalnya, minggu lalu rumah sakit di Leuven mengeluarkan seorang pria yang tumor otaknya akan dikeluarkan dari ruang operasi pada menit terakhir karena tidak ada ruang di IC. Jadi operasi ditunda pada bulan Maret.

READ  Kerusakan di Tower Bridge menyebabkan kekacauan lalu lintas di London | luar negeri

“Ini adalah sesuatu yang Anda harap tidak pernah Anda lakukan sebagai dokter, tetapi dengan gelombang virus corona baru, kita dihadapkan pada pilihan yang sangat sulit setiap hari,” kata ahli bedah saraf Johan van Loon dari UZ Leuven kepada Radio 2 Vlames Brabant. “Ada kekurangan tempat tidur di bangsal biasa, tetapi juga di bangsal intensif karena lagi-lagi kita harus menyediakan 25 persen tempat tidur untuk pasien Covid.”