BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Rusia bekerja sama lagi dalam kesepakatan biji-bijian setelah jaminan dari Ukraina |  Ekonomi

Rusia bekerja sama lagi dalam kesepakatan biji-bijian setelah jaminan dari Ukraina | Ekonomi

Rusia bergabung kembali dengan kesepakatan gandum yang dicapai awal tahun ini dengan Ukraina, Turki, dan PBB. Negara itu menarik diri dari perjanjian akhir pekan lalu sebagai tanggapan atas serangan pesawat tak berawak terhadap armada Rusia yang dicurigai di Ukraina.

Dalam perjanjian yang ditandatangani pada bulan Juli, disepakati untuk menjaga rute di Laut Hitam gratis untuk digunakan oleh kapal-kapal biji-bijian. Karena penangguhan perjanjian oleh Rusia, tidak jelas apakah rute ini masih akan tersedia.

Kremlin sekarang mengatakan telah menerima jaminan dari pemerintah Ukraina bahwa jalan itu tidak akan digunakan untuk tujuan militer. Itu sudah cukup bagi Rusia untuk segera bergabung dengan kesepakatan itu.

Ukraina adalah pemasok utama biji-bijian di seluruh dunia. Serangan Rusia di negara itu memberi tekanan pada ekspor biji-bijian, yang menyebabkan harga tinggi dan kelangkaan. Hal ini telah menyebabkan banyak masalah, terutama di negara-negara miskin di Afrika dan Asia.

Omong-omong, kesepakatan tidak menyelesaikan semua masalah. Angka-angka dari Kementerian Pertanian Ukraina diterbitkan pada hari Rabu muncul Negara ini telah mengekspor biji-bijian sepertiga lebih sedikit sejak Juli dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Produksinya juga jauh lebih rendah dibandingkan tahun 2021.

READ  Seberapa jauh negara akan tunduk pada Turki?