BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

“Rusia kehilangan tanah mereka di Severodonetsk, sebuah kota yang terbagi dua”

“Rusia kehilangan tanah mereka di Severodonetsk, sebuah kota yang terbagi dua”

Gubernur Luhansk Sergei Gaidai menulis di Telegram: “Rusia menguasai sekitar 70 persen kota, tetapi mereka didorong mundur dalam dua hari terakhir. Kota ini terbagi dua. Mereka takut untuk bergerak bebas di sekitar kota.” Dia juga mengatakan bahwa angkatan bersenjata Ukraina telah menangkap delapan tentara Rusia.

Wilayah Luhansk sebagian telah berada di bawah kendali separatis pro-Rusia sejak 2014. Severodonetsk adalah ibu kota administratif bagian Ukraina.

“kompilasi ulang”

Kemarin, tentara Rusia mengumumkan penarikan unit militer Ukraina dari Severodonetsk. Namun walikota Oleksandr Stryuk mengatakan pasukan Ukraina berjuang untuk mendapatkan kembali kendali atas kota itu.

Dalam sebuah wawancara yang disiarkan di Telegram kemarin, dia berkata, “Tentara kami dapat berkumpul kembali dan membangun garis pertahanan. Kami saat ini melakukan segala yang diperlukan untuk mendapatkan kembali kendali penuh atas kota.”

Ledakan di dan sekitar Kyiv

Seorang saksi mata mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa ledakan keras terdengar dan terlihat di ibukota Ukraina, Kyiv, pagi ini. Dan asap muncul di kota setelah ledakan. Sudah, sirene terdengar di banyak bagian Ukraina, termasuk wilayah Kyiv.

Walikota Vitali Klitschko melaporkan melalui Telegram tak lama setelah serangan di Kyiv: “Beberapa ledakan di berbagai bagian kota. Layanan sedang bekerja untuk memadamkan api. Tidak ada kematian akibat serangan roket terhadap infrastruktur. Satu orang yang terluka dibawa ke rumah sakit.” Dan kota-kota lain membunyikan sirene serangan udara.

Putin ingin menghancurkan senjata Barat

Presiden Rusia Vladimir Putin hari ini mengatakan bahwa negaranya akan melakukan segala daya untuk menghancurkan fasilitas artileri berat yang disediakan oleh Barat. “Kami akan mencapai target yang belum kami tetapkan,” kata Putin dalam wawancara dengan televisi pemerintah Rusia.

READ  Israel telah menempatkan enam klub bantuan Palestina dalam daftar teror: beberapa dari mereka telah menerima jutaan orang Belanda dalam bentuk subsidi di luar negeri

Presiden AS Joe Biden pekan lalu memutuskan bahwa Amerika Serikat akan memberi militer Ukraina “sistem rudal dan amunisi yang lebih canggih.” Presiden mengutip “rudal anti-tank lembing, rudal anti-pesawat Stinger, artileri bertenaga tinggi dan sistem rudal presisi, radar, drone, helikopter Mi-17 dan amunisi.”

Lebih dari 2.500 rudal sudah ada di Ukraina

Sejak perang dimulai pada 24 Februari, Rusia telah menembakkan lebih dari 2.500 rudal ke Ukraina. Kemarin, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan dalam sebuah pidato video di mana dia menuduh Rusia melakukan perusakan besar-besaran terhadap monumen budaya, gereja, dan situs keagamaan lainnya di negaranya.