BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Puluhan tewas dalam serangan terhadap gereja Katolik di Nigeria

Puluhan orang diyakini tewas dalam serangan terhadap sebuah gereja Katolik di barat daya Nigeria. Orang-orang bersenjata menembaki pengunjung gereja dan meledakkan alat peledak. Associated Press melaporkan bahwa kemungkinan ada lebih dari 50 korban, tetapi pihak berwenang belum mengumumkan jumlah resmi korban tewas.

Jemaat gereja berkumpul untuk merayakan Pentakosta. Menurut pihak berwenang, beberapa anak termasuk di antara yang tewas. Imam yang bertugas dikatakan telah diculik. Gambar yang diposting di media sosial menunjukkan mayat, termasuk anak-anak, dalam genangan darah. Sebuah rumah sakit setempat melaporkan bahwa banyak dari korban tidak bernyawa. Pemimpin wilayah itu berbicara tentang serangan keji terhadap warga sipil tak berdosa.

“Mereka terluka dalam momen yang hanya perayaan,” kata Paus Fransiskus. Dia bilang dia akan berdoa untuk para korban.

Tidak jelas siapa yang berada di balik serangan itu. Kelompok-kelompok bersenjata secara teratur melakukan perampokan di utara negara Afrika Barat yang berpenduduk mayoritas Muslim itu. Dalam banyak kasus, mereka diculik untuk mendapatkan uang tebusan. Ada juga serangan berdarah reguler oleh Muslim ekstremis di gereja-gereja. Kekerasan seperti itu jarang terjadi di barat daya.

Penguasa Ondo, Rotimi Akeredolu mengunjungi gereja:

READ  Eropa pertama: mayoritas politisi perempuan di Islandia | Luar negeri