BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Rusia menuntut Wikipedia menghapus informasi dan mengancam denda

Regulator Rusia Wikipedia dituduh Hari ini ia memberikan “informasi palsu” tentang apa yang disebut Rusia sebagai “operasi khusus” di Ukraina dan tentang tindakan tentara Rusia.

Di bawah hukum Rusia, pemilik layanan Internet yang tidak menghapus “informasi ilegal” tepat waktu jika diminta oleh Roskomnadzor dapat didenda hingga 4 juta rubel, atau 45.000 euro.

Menurut organisasi di balik Wikipedia, klaim Roskomnadzor berkaitan dengan halamanPertempuran Kyiv“,” Kejahatan perang selama invasi Rusia ke Ukraina “,” Menembak di rumah sakit di Mariupol “,” Penghancuran Teater Mariupol “dan”Pembantaian tukang dagingkan

Melewati kontrol

Sejak invasi militer Rusia ke Ukraina, Roskomnadzor telah meluncurkan serangkaian platform media sosial dan situs media utama atas permintaan Kremlin. dicegahtermasuk Facebook, Instagram, Twitter, Bellingcat dan BBC. Ini sekarang dapat terjadi dengan Wikipedia.

Pada awal Maret, Roskomnadzor juga menuntut agar Wikipedia tidak menyebut konflik di Ukraina sebagai perang atau invasi. Penggunaan kata-kata ini dilarang di Rusia. Wikipedia tidak memenuhi permintaan Rusia. Sebaliknya, pengguna menambahkan informasi tentang upaya Kremlin untuk menyensor ensiklopedia online.

Wikipedia Lalu dia berkata di Twitter Bahwa pengguna Rusia harus mempertimbangkan untuk mengakses situs melalui cara alternatif karena ensiklopedia Internet negara tersebut kemungkinan akan sepenuhnya offline. Semakin banyak orang Rusia Anda sekarang menggunakan layanan VPN Untuk melewati pemblokiran internet.

READ  Seruan internasional untuk ketenangan di Israel dan wilayah Palestina