BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Rutte menginginkan rencana iklim ‘aksi dan implementasi’ • Biden melihat dekade ini sebagai dekade yang kritis

Dalam beberapa jam terakhir, semakin banyak pemimpin dunia telah tiba di Glasgow, dan beberapa dari mereka akan dapat berbicara sore ini. Namun upacara pembukaannya terlebih dahulu pada pukul 12.00 waktu setempat, dan satu jam kemudian di Belanda. Para pemimpin dunia kemudian disambut oleh ketua KTT, politisi konservatif Inggris Alok Sharma.

Menjelang sore hari, para politisi yang telah tiba di kota Skotlandia dari seluruh dunia akan menyampaikan pendapat mereka. Presiden Prancis Macron, Presiden Indonesia Joko Widodo, pemimpin Uni Eropa von der Leyen, Kanselir Jerman Merkel, Presiden AS Biden dan Perdana Menteri India Modi, antara lain, akan diberikan waktu untuk berbicara. Perdana Menteri Rutte juga berada di Glasgow dan akan membuat pernyataannya pada bagian kedua sore ini.

Di antara ketidakhadiran yang paling menonjol adalah Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Putin. Yang pertama belum meninggalkan negaranya sejak wabah Corona, dan Putin merekam sebuah pesan.

KTT akan berlanjut hingga setidaknya 12 November

Tujuan dari KTT ini adalah untuk mengetahui bagaimana dunia dapat membatasi pemanasan global hingga “jauh di bawah 2 derajat”, sebaiknya kurang dari 1,5 derajat, seperti yang disepakati pada KTT iklim Paris enam tahun lalu. Sudah jelas bahwa target iklim yang ditetapkan oleh negara tidak cukup sekarang, jadi kita harus melangkah lebih jauh. Di Glasgow, ini semua tentang bagaimana menjembatani kesenjangan itu, dan siapa yang akan membayarnya (baca selengkapnya di artikel ini).

Besok akan ada pidato oleh para pemimpin dunia, setelah itu saatnya untuk tindakan nyata dan delegasi pemerintah akan berbicara dan bernegosiasi satu sama lain. Dunia dibagi menjadi beberapa kelompok untuk pembicaraan ini, dengan Uni Eropa bertindak sebagai satu. Pada minggu kedua, para menteri negara akan duduk dan, jika semuanya berjalan dengan baik, pernyataan akhir akan dikeluarkan pada 12 November. Tapi dilihat dari puncak sebelumnya, bisa juga beberapa hari kemudian.

READ  Dalam percakapan dengan Doi van Domselaer tentang menulis dan menghitung tombol dan “kelinci dingin”….