BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Salah satu mobil Prancis paling andal ini memiliki banderol harga 10 juta

Salah satu mobil Prancis paling andal ini memiliki banderol harga 10 juta

Pada tahun 1999, Toyota memperkenalkan Yaris, penerus Starlet-nya. Pada tahun 1998, Toyota Motor Manufacturing France (TMMF) didirikan untuk memproduksi Yaris generasi pertama. Ini menjadikan tempat produksi Prancis itu salah satu yang tertua di mana Yaris diproduksi. Toyota Yaris Cross juga berasal dari Perancis. Bahkan, compact crossover menjadi mobil yang paling banyak diproduksi di negara tersebut pada tahun 2022…

TMMF tentu bukan satu-satunya pabrikan Yaris. 10 juta Yar itu pasti tidak keluar dari jalur produksi di Prancis. Faktanya, Toyota membangun divisi B di 10 pabrik di seluruh dunia. Selain lokasi di Valenciennes, Yaris memiliki pabrik Eropa kedua di Republik Ceko, namun Toyota juga memiliki Yaris di Jepang, Brasil, China, Taiwan, Indonesia, Malaysia, Pakistan, dan Thailand.

Selama hampir 25 tahun keberadaannya, Toyota Yaris kerap mendapat penghargaan. Itu dimulai dengan cepat dengan gelar European Car of the Year 2000. Baru-baru ini, gelarnya adalah ‘Mobil Paling Andal di Inggris’ pada tahun 2021. Lebih dekat ke rumah, kami melihat Serikat Konsumen mengumumkan Toyota Yaris (mulai 2017) pada tahun 2020 untuk Mobil Paling Handal Keandalan di Belanda. Tetapi generasi Yaris yang lebih tua juga dianggap sebagai mobil yang andal, antara lain menurut ANWB dan ADAC Jerman.

Pada awalnya, Toyota Yaris pada dasarnya adalah segmen B yang sederhana dan berperilaku baik dengan mesin 1.0 liter dan 1.3 liter yang ekonomis. Dengan T-Sport 1.5 VVTi 106-tenaga kuda, ada juga penembak olahraga di pohon Yaris pada tahun 2001. Sebagai penggantinya, Toyota memperkenalkan Yaris 1.8 16V VVS-i TS (133 hp) pada tahun 2009.

Setelah 2011, ada ketenangan di sekitar Yaris di bidang sporty dan Toyota fokus terutama pada ekonomi. Toyota Yaris Hybrid juga muncul pada periode tersebut. Setelah CEO Akio Toyoda berbagi, Yaris GRMN (212 hp) menggebrak lagi di tahun 2018. Tapi puncaknya tentu saja Toyota GR Yaris 261 hp mulai 2021.

READ  Prancis Terbuka 2023: Indonesia menang bersama Jonathan Christie

Di luar Eropa, Toyota Yaris juga dijual dengan nama model Platz, Echo, Belta, Vios, dan Scion iA. Di Belanda, sempat dipasarkan sebagai Daihatsu Charade pada tahun 2011 dan 2012. Versi Yaris yang dimodernisasi adalah Mazda 2 Hybrid.

Toyota Yaris -10M -2023-3