BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

'Sauna katak panas' membantu spesies Australia melawan jamur mematikan

Infeksi jamur yang dianggap oleh beberapa ilmuwan sebagai salah satu penyakit terburuk yang pernah menimpa satwa liar kini mendatangkan malapetaka pada populasi katak dunia. Kini para ilmuwan mengatakan mereka telah menemukan cara untuk membantu katak melawan penyakit: sauna mini.

Pada musim dingin tahun 2021, lusinan katak yang ditempatkan di dalam batu bata hitam berlubang di Australia melakukan lebih dari sekadar menyerap panas matahari. Di dalam kotak bersuhu hampir 100 derajat yang dirancang untuk mensimulasikan sauna di spa, katak tersebut berjuang melawan mikosis chytrid, infeksi jamur yang menyebabkan kulit mereka tumbuh hingga 40 kali lebih tebal dari kulit normal.

Suhu panas menyembuhkan infeksi dalam beberapa minggu, dan sekitar 70 persen katak yang terinfeksi bertahan dalam percobaan selama 15 minggu, kata pemimpin peneliti Anthony Waddell. Hasilnya dirilis minggu lalu alam majalahMudah-mudahan, penemuan sederhana mereka akan membantu memecahkan masalah besar satwa liar ini.

Waddell membangun tempat berlindung menggunakan batu bata hitam dan jaring rumah kaca.

“Di luar akan sangat dingin, tapi begitu Anda masuk ke dalam [the shelter] “Saya akan banyak berkeringat karena kelembapan dan panas,” Waddell, peneliti postdoctoral di Macquarie University di Macquarie Park, Australia, mengatakan kepada The Washington Post.

Chytridiomycosis, yang timbul dari Batrachocobacterium dendrobatidisJamur yang ditularkan melalui air ini diperkirakan pertama kali ditemukan di Asia pada tahun 1930-an sebelum perdagangan dan perjalanan menyebabkan penyebarannya dengan cepat ke seluruh dunia. Jamur menular ini, yang telah mendorong puluhan spesies amfibi ke ambang kepunahan, menyebabkan masalah pernapasan hingga jantung banyak amfibi berhenti berdetak.

Para ilmuwan telah mencoba menyelamatkan amfibi dengan… Hapus spesies yang terinfeksi dari rumah mereka, Disinfeksi kimia Rumah mereka dan Pemanas air Sumber untuk melawan jamur. Pada tahun 2021, Waddle Vaksin telah dibuat Untuk katak vs Batrachocobacterium dendrobatidisNamun, ia ingin menemukan solusi yang dapat digunakan oleh katak, terutama di musim dingin, ketika jamur chytridiomycosis merajalela. Kasus merupakan yang tertinggi.

READ  Banyak asteroid menuju Bumi - dan menghadapi ancaman realistis terhadap planet kita

Pada bulan Desember 2020, Waddell menempatkan beberapa katak lonceng hijau dan emas terancam bahaya Di negara bagian New South Wales, Australia, dekat tiang pagar logam, cuaca dingin di satu sisi dan panas di sisi lain. Katak tertarik pada sisi hangat.

Selanjutnya, para peneliti membagi 66 katak yang terinfeksi ke dalam area hangat dan dingin di laboratorium mereka. Katak di zona hangat dengan suhu sekitar 86 derajat Fahrenheit berhasil melawan infeksi, sedangkan katak di zona dingin dengan suhu sekitar 66 derajat Fahrenheit tetap terinfeksi.

Hasil ini membuat para peneliti percaya bahwa katak akan memilih hidup di lingkungan yang hangat, dan akan mendapat manfaat jika peneliti dapat menciptakan lingkungan yang hangat.

Para ilmuwan menggunakan peralatan mereka untuk percobaan utama: batu bata tanah liat, cat hitam, jaring rumah kaca, dan pengikat kabel. Mereka mengecat batu batanya dengan warna hitam untuk menarik panas matahari. Mereka kemudian menumpuk 10 batu bata, masing-masing dengan 10 lubang kecil, di atas satu sama lain. Mereka kemudian menutupi beberapa tumpukan batu bata dengan jaring rumah kaca untuk menahan panas, dan pengikat kabel mengamankan tempat berlindung.

“Saya tidak berpikir ini akan berhasil karena kesederhanaannya,” kata Waddell.

Pada Juli 2021, para peneliti di kampus Universitas Macquarie menempatkan tempat berlindung di cekungan berisi kerikil, air, tanaman buatan, dan pot bunga untuk meniru habitat katak pada umumnya. Ke-239 katak tersebut kemudian ditempatkan di kolam dan dapat memilih antara tempat berteduh tanpa naungan atau tempat berlindung yang dinaungi kain. Kebanyakan katak tertarik pada kehangatan batu bata di tempat berlindung yang tidak teduh.

Suhu di tempat penampungan yang tidak diberi naungan sekitar delapan derajat lebih hangat dibandingkan dengan habitat yang diberi naungan, dan hal ini membawa perbedaan. Sekitar sebulan setelah percobaan dimulai, para peneliti memindai kulit katak dan menemukan bahwa infeksi lebih cepat sembuh pada katak yang berada di tempat penampungan tanpa naungan.

READ  Gejala vaksin COVID mungkin berasal dari otak Anda, bukan vaksinnya

Pada November 2021 – sesaat sebelum musim panas dimulai di Australia – 167 dari 239 katak masih hidup, kata Waddell. Menurut statistik, katak liar biasanya mulai mati sekitar tiga minggu setelah terinfeksi. Departemen Sumber Daya Alam Ohio.

Para peneliti juga menemukan bahwa katak yang selamat dari chytridiomycosis menjadi lebih tahan terhadap penyakit tersebut – sebuah tanda yang menjanjikan bagi kelangsungan hidup spesies tersebut, yang dapat hidup selama 10 tahun. 15 tahun di penangkaran.

Brian Pijanowski, seorang profesor kehutanan dan sumber daya alam di Universitas Purdue, mengatakan dalam email kepada The Post bahwa tempat penampungan yang dibangun Waddell menawarkan “sedikit optimisme” untuk solusi terhadap penyakit yang setidaknya telah memusnahkan 90 spesies amfibi.

Dia menambahkan, “Ini adalah angka-angka tragis yang memerlukan pendekatan baru untuk membalikkan keadaan.”

Waddle telah membuat beberapa shelter di Sydney Olympic Park, Australia, jika memang ada Populasi terbesar yang tersisa Sejumlah besar katak lonceng hijau dan emas hidup di daerah tersebut. Dia berencana untuk memantau jumlah mereka selama beberapa tahun ke depan.

dia mengatakan bahwa dia Dia berharap tukang kebun dan pemilik rumah akan menerapkan “sauna katak” mereka sendiri. Dia membuat panduan umum untuk membangun sauna ini, dan memperkirakan biaya masing-masing sauna sekitar $80.

“Penelitian konservasi merupakan kerugian besar,” kata Waddell. Anda mencoba berbagai hal, tetapi tidak berhasil. Anda mencoba berbagai hal, tetapi tidak berhasil. Tapi kami punya sesuatu, dan itu adalah sesuatu yang bisa kami berikan segera.”