BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

‘Saya ingin menikmati hidup sekarang’

Berapa banyak uang yang ada di rekening tabungan Anda? Kami bertanya kepada orang Belanda yang berbeda setiap minggu. Karena meskipun kita banyak berbicara tentang uang, kita tidak berbicara tentang berapa banyak yang kita peroleh dan berapa banyak yang kita tabung. Minggu ini: Sera, 24 tahun, pindah dari Indonesia ke Belanda untuk belajar di sini enam tahun lalu.

Pekerjaan: Pekerjaan TI tingkat pemula
Pendapatan bersih: 2100 euro
Kondisi hidup: Sewa rumah dengan teman sekamar

Rekening tabungan Chera

Katakan padaku, berapa banyak yang ada di rekening tabunganmu?

“Saya baru saja mulai bekerja, pindah ke rumah sewaan yang mahal (saya membayar 1.250 euro untuk sewa) dan mengirim orang tua saya 200 hingga 400 euro sebulan, jadi saya memiliki tabungan sederhana sebesar 1.000 euro.

Saya senang menyisihkan sepeda rusak atau apa pun untuk keadaan darurat ketika keluarga saya membutuhkan lebih banyak uang. Tapi ini jelas penghematan yang lebih sedikit daripada yang saya inginkan.

Berapa banyak yang Anda simpan per bulan?

“Saya menabung sebanyak yang saya bisa dari gaji saya saat ini. Ini dapat bervariasi dari 100 hingga 400 euro. Saya harus terbiasa dengan kenyataan bahwa saya sekarang bekerja penuh waktu. Karena saya punya uang sekarang, saya menghabiskan lebih banyak uang untuk makan di luar dan memesan makanan. ‘Inflasi gaya hidup’ ini nyata dan saya pikir orang-orang seusia saya akan melupakannya.

Segera saya akan memulai pekerjaan baru saya, di mana saya akan mendapatkan penghasilan bersih 3000 euro. Lalu saya ingin menghemat lebih dari 1000 euro per bulan. Tujuan saya adalah menghemat 20.000 euro sebagai dana darurat dan menginvestasikan sisanya.

READ  JJ (23) ingin berhenti bicara tentang Hindia Belanda dan Maluku

Saya tidak punya strategi untuk ini, saya hanya menyisihkan uang, saya tidak melihatnya.”

Pernahkah Anda menarik uang dari rekening tabungan Anda?

“Ya, saya tidak terburu-buru untuk mencapai tujuan tabungan saya. Setelah hidup hemat sebagai mahasiswa, sekarang saya merasa sangat penting untuk mengirim uang kepada keluarga saya dan menikmati hidup.

Kadang-kadang saya akan mentransfer sejumlah kecil seperti 50 euro dari rekening tabungan saya untuk menikmati iga yang lezat. Sekarang saya sudah mulai memasak lebih banyak sendiri. Jadi, saya berharap untuk membuat lebih sedikit transfer uang dari rekening tabungan saya segera, kecuali untuk keadaan darurat yang nyata.

Setelah saya memiliki penyangga yang nyaman, saya dapat menghabiskan sebagian dari tabungan saya untuk tiket pesawat. Saya belum pernah ke negara asal saya selama tiga tahun dan belum pernah berlibur sejak datang ke sini.

Mengapa Anda pergi ke Belanda?

“Saya pergi ke sini pada tahun 2016 untuk mengejar gelar sarjana. Untungnya, saya menerima beasiswa senilai 00 3300 per tahun. Orang tua saya membayar 4.500 setahun dan menambahkan 8.000 setahun untuk biaya hidup. Saya menghabiskan banyak uang untuk orang tua saya.

Apakah Anda pikir uang itu baik?

“Saya memantau dengan cermat anggaran dan rekening bank saya sehingga tidak ada pembayaran terus-menerus yang tidak saya ketahui. Itu sebabnya saya pikir saya pandai dalam hal uang.

Apa yang masih saya coba selesaikan adalah pengeluaran saya yang luar biasa. Apalagi sejak saya bekerja di dunia IT akan selalu ada keinginan untuk membeli produk-produk teknologi terkini. Selain itu, saya selalu di internet, dan jika Anda lebih memperhatikan, Anda akan melihat bahwa setiap situs mencoba menjual sesuatu kepada Anda.

READ  'Ada banyak Muslim yang berbeda, empat berbeda'

Apa yang ingin Anda ubah dalam situasi keuangan Anda?

“Dalam situasi di Belanda sekarang saya harus menghasilkan lebih banyak uang. Saya akan segera memulai pekerjaan baru saya dan itu akan menjadi awal yang baik.

Saya berharap untuk tinggal di rumah kecil atau apartemen yang tenang sendiri, tetapi itu sangat sulit. Gaji baru saya harus menghabiskan hampir 50 persen dari gaji bersih saya untuk sewa, sambil memenuhi syarat untuk apartemen yang saya inginkan.

Saya dapat membelinya, tetapi saya tidak tahu apakah saya menginginkannya. Mungkin saya akan tinggal dengan teman sekamar sampai saya membeli rumah dengan pacar saya, mari kita lihat.”

Apa tip keuangan terbaik Anda?

“Mulailah berinvestasi sesegera mungkin. Saya berasal dari keluarga kelas menengah di negara dunia ketiga, tetapi orang tua saya dapat mengirim saya untuk belajar di negara yang lebih mahal karena mereka lebih pintar dalam berinvestasi.

Sekarang saya juga bagian dari investasi mereka dan dapat mengirim mereka cukup uang untuk hidup. Banyak teman saya tidak mengerti mengapa saya mengirim uang, tetapi saya tidak akan berada di sini tanpa bantuan mereka.

Rekening tabungan Marco (22): ‘Saya menabung dalam jumlah besar untuk usia saya’

Semua artikel dalam seri ini dapat ditemukan di sini. Artikel bermanfaat lainnya tentang uang dan bisnis dapat ditemukan di sini.

Apakah Anda melihat kesalahannya? Email kami. Kami berterima kasih kepada Anda.

Membalas artikel:

Rekening tabungan Sera (24): ‘Saya ingin menikmati hidup sekarang’