BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sebagai lima dan tujuh kursi

Sebagai lima dan tujuh kursi

Citroën C3 dan C3 Aircross adalah model yang menarik dalam keluarga Stellandis, tetapi bukan karena mereka yang paling berteknologi maju. Di sisi lain. C3 dan C3 Aircross yang Anda kenal di Eropa, tidak seperti model saudara mereka di Stellantis, tidak menggunakan platform CMP modern, tetapi masih menggunakan mobil berbasis PF1 seperti Peugeot 208 generasi sebelumnya. Citroën ada di India. Sekarang C3 Aircross baru ditawarkan, tetapi kami tidak mengharapkannya dalam bentuk itu di Eropa. Itu spesial.

Citroen sebelumnya membantu India dan berbagai negara di Amerika Selatan dan Asia Tenggara dengan all-new C3. Berbeda dengan Citroen C3 yang bisa Anda beli di Belanda, C3 baru berbasis CMP. Ini juga memiliki versi listrik sepenuhnya. Pasar Eropa kemudian akan dilayani oleh C3 yang serba baru dan berlistrik. Citroen C3 berikutnya yang datang ke Eropa tidak akan sama dengan varian yang ditujukan untuk pasar pengembangan. Dengan Citroën C3 Aircross baru, Prancis kini mengikuti strategi yang sama. Model yang ditampilkan dalam artikel ini dirancang untuk pasar India serta pasar Asia Tenggara dan Amerika Selatan dan juga tersedia di platform CMP terbaru.

Meskipun C3 Aircross baru ini tidak ditujukan untuk pasar Eropa, namun langsung dapat dikenali sebagai Citroën. Bagian depan sangat mirip dengan C3 non-Eropa, tetapi ada perbedaan yang jelas. Misalnya, Citroen memisahkan bukaan pendingin besar di bemper dengan strip plastik sewarna bodi dan lampu depan juga sedikit berbeda dari saudaranya yang lebih kecil. Seberapa besar Citroën C3 Aircross yang eksotis ini? Membentang hingga 4,32 meter, jadi 15 sentimeter lebih panjang dari ‘Aircross C3 kami’. Jarak sumbu roda lebih panjang 2,67 meter dan 13 sentimeter dari C3 non-Eropa dan sedikit lebih panjang dari C3 Aircross ‘kami’. Di bawah kap setidaknya terdapat mesin Puretech 110 hp 1.2. Lebih banyak powertrain dapat menyusul nanti.

READ  Pasangan Eijzenga-Siderveld telah menikah selama 60 tahun

Perlu dicatat bahwa itu juga dijual dalam format itu di India, karena pabrikan mobil sering menyimpan model yang lebih kecil di bawah 4 meter dan mobil tersebut termasuk dalam kategori pajak yang lebih menguntungkan. Namun, sekitar 10 persen (366.432 unit) mobil yang terjual di India tahun lalu berukuran lebih dari 4 meter, naik 32 persen dari tahun sebelumnya. Jadi pasti ada pasar untuk Aircross C3 ini.

Citroen E-C3

Citroen e-C3 elektrik tidak ditujukan untuk Eropa seperti yang muncul tahun ini.

Mengapa C3 Aircross relatif panjang? Yah, itu tersedia tidak hanya sebagai kursi lima, tetapi juga tujuh kursi dengan kursi baris ketiga. Namun, MPV dan SUV tujuh tempat duduk sangat populer di Indonesia. Hampir 70 persen mobil yang dijual di sana adalah mobil tujuh tempat duduk seperti MPV atau SUV. Interior Citroen C3 Aircross hampir identik dengan C3 non-Eropa. Versi kelas atas mendapatkan panel instrumen digital 7 inci dan layar infotainment 10 inci. Dua kursi individu di bagian belakang versi tujuh kursi dapat dilipat, tetapi juga dapat dilepas. Mereka yang duduk di belakang ketujuh kursi tersebut dapat mengatur ‘iklim lokal’ melalui outlet dan tombol putar di atap. Tempat cangkir, port USB, dan kompartemen penyimpanan praktis: menurut Citroen, C3 Aircross tidak memilikinya.

Citroen C3 Lintas Udara

Citroen C3 Lintas Udara

Harapan untuk sukses

Citroën C3 Aircross baru ini telah disempurnakan di Brasil untuk pasar Amerika Selatan dan varian Asia juga telah dieksplorasi untuk pasar lokal. Model ini juga akan dibuat di Thiruvallur di India dan Porto Real di Brazil. Model tersebut akan diluncurkan di India dan Brasil akhir tahun ini. Pada 2024, Citroen juga akan memilikinya di ruang pamer di Indonesia.

READ  Kini di Museum Bronbeek: pameran Gema Perang untuk Indonesia | item berita

Citroen C3 Lintas Udara

Citroen C3

Mengapa Citroen begitu fokus pada pertumbuhan pasar? Citroen bertujuan untuk menjual 30 persen mobil globalnya di luar Eropa pada tahun 2025. Pada 2022, penjualannya di Asia Tenggara meningkat 57 persen dibanding 2021. Di Amerika Selatan, penjualan Citroen meningkat 21,2 persen. Citroen adalah perusahaan yang relatif baru di India, jadi tahun lalu penjualannya naik 873 persen, tetapi hanya 6.588 unit. Jika kita melihat pasar terpenting Citroen di Amerika Selatan, kita juga melihat angka pertumbuhan yang signifikan di sana. Di Brasil, Citroën meningkatkan penjualannya sebesar 38 persen tahun lalu menjadi lebih dari 32.000 mobil. Di Argentina, 11 persen lebih banyak mobil merek menemukan pemilik tahun lalu dibandingkan tahun 2021.

Kami tidak memiliki banyak informasi tentang Citroën C3 Aircross generasi berikutnya, yang pada akhirnya akan tiba di Eropa, tetapi kami menargetkannya menjadi keturunan mobil seperti Peugeot 2008, Opel Mokka, dan DS 3.