BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sebuah asteroid menyebabkan tsunami besar di Mars miliaran tahun yang lalu

Mars dihantam miliaran tahun yang lalu oleh asteroid yang menyebabkan tsunami setinggi 250 meter. Para ilmuwan sekarang mengatakan mereka telah menemukan kawah tumbukan di planet tetangga kita.

Di tempat batu luar angkasa itu menghantam permukaan Mars, terdapat sebuah kawah raksasa dengan diameter 110 kilometer. Mungkin ada lautan dangkal yang luas di luar sana pada waktu itu.

Dengan menggunakan bebatuan dan bebatuan di dekat kawah, yang mereka beri nama Bohl, para ilmuwan memperkirakan bahwa benturan tersebut terjadi sekitar 3,4 miliar tahun yang lalu. Berdasarkan ukuran Paul, para peneliti memperkirakan asteroid itu berdiameter antara 3 dan 9 kilometer.

Para peneliti juga mensimulasikan tsunami besar dengan simulasi komputer. Misalnya, mereka menemukan bahwa gelombang dapat mencapai ketinggian 250 meter dan dapat menempuh jarak sekitar 1.500 kilometer.

Dampaknya diyakini telah melepaskan 13 juta megaton energi TNT. Sebagai perbandingan, bom atom paling kuat yang pernah diledakkan di Bumi menghasilkan lebih dari 50 megaton energi TNT. Bom hidrogen itu (Tsar Bomba) diledakkan selama uji coba pada tahun 1961 oleh Uni Soviet.

Efeknya mirip dengan meteor yang menghantam Bumi 66 juta tahun lalu Dinosaurus selesai. Kawah meteorit ini (kawah Chickxulub) terletak di dekat Meksiko dan ukurannya sebanding dengan Buhl.

Antara empat dan tiga miliar tahun yang lalu, seperlima Mars kemungkinan tertutup lautan dangkal. Saat itu, batuan luar angkasa mungkin telah menyebabkan tsunami biasa di planet ini. Misalnya, pada 2019, kawah Lomonosov dikaitkan dengan tsunami raksasa lainnya.

Sekitar tiga miliar tahun yang lalu, lautan di Mars mulai mengering, menurut NASA. Selama beberapa misi tak berawak ke Planet Merah, badan antariksa tersebut telah menemukan banyak jejak lautan tersebut.

READ  Sonos akan segera memperkenalkan asisten bicaranya sendiri untuk speaker pintar - gambar dan suara - berita