BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sebuah gunung berapi di Indonesia memuntahkan awan abu yang sangat besar ke udara

Sebuah gunung berapi di Indonesia memuntahkan awan abu yang sangat besar ke udara

Ini adalah foto pribadi. Gunung berapi Sinabung di pulau Sumatra Indonesia akan segera meletus. Pagi ini, gunung berapi tersebut memuntahkan awan abu sekitar 5 kilometer ke udara. Ini bukan apa-apa. Meskipun gunung berapi dapat menimbulkan banyak masalah, ini adalah gambar yang menakjubkan.

Gunung berapi aktif

Ini bukan pertama kalinya gunung berapi tersebut meletus dalam minggu ini. Setelah gunung tersebut tidak aktif selama setahun, pada pekan ini awan abu tebal beterbangan dari gunung yang tingginya sekitar 2.460 meter tersebut. Warga dan wisatawan saat ini telah diperingatkan, sehingga tidak mengherankan jika mereka akan segera menghadapi aliran lahar. Dan tidak seorang pun menginginkan aliran sungai yang bersinar di pulau itu. Disarankan juga untuk tetap berada di luar radius 3 km di sekitar gunung berapi dan sebaiknya memakai masker untuk menghindari jatuhnya abu vulkanik.

Sumatera dan Jawa

Gunung berapi tersebut kembali aktif sekitar 10 tahun lalu. Pada tahun 2010, gunung ini meletus lagi untuk pertama kalinya dalam 400 tahun. Gunung berapi tersebut kemudian terdiam selama tiga tahun, sebelum meletus lagi pada tahun 2013. Sejak itu, kita semakin banyak mendengar tentang gunung berapi tersebut. Letusannya menewaskan 16 orang pada tahun 2014 dan tujuh orang meninggal pada tahun 2016. Jadi ini bukan gunung berapi kecil yang bagus dan mudah-mudahan kali ini gunung tersebut tidak terlihat lagi. Dua tahun lalu itu sangat intens. Kemudian gunung berapi meletus di selat antara pulau Jawa dan Sumatera. Anda mungkin pernah mendengarnya, karena letusan gunung berapi ini menimbulkan masalah besar. Hal ini menyebabkan tanah longsor di bawah air sehingga mengakibatkan tsunami. Lebih dari 400 orang tewas. Tahun 2020 sebenarnya bukan tahun yang baik, jadi semoga kali ini hanya awan abu tebal saja.

READ  Dia melahirkan Arpaia di Pulau Maluku: 'Putri saya mendengar saya berteriak melalui dinding tipis'