BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa pelatihan khusus ini masih berdampak empat tahun kemudian

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa pelatihan khusus ini masih berdampak empat tahun kemudian

Berolahraga itu menyehatkan, bahkan atau mungkin terutama di kemudian hari. Apa yang Anda lakukan juga penting, menurut sebuah studi internasional baru: Latihan kekuatan khususnya mempunyai pengaruh. Bahkan empat tahun kemudian, dampaknya masih terlihat.

Seiring bertambahnya usia, fungsi otot mereka menurun, menurut penelitian pembelajaran Yang muncul minggu lalu di majalah perdagangan BMJ dan Where's CNN Tentang pesan itu.

“Jika Anda melakukan latihan ketahanan di kemudian hari, manfaatnya bisa bertahan selama beberapa tahun,” kata pemimpin peneliti Mads Bloch-Ebbenfeldt dari Institute of Sports Medicine di Kopenhagen.

Peserta penelitian harus mengikuti salah satu dari tiga latihan berbeda selama setahun: angkat beban tiga kali seminggu, latihan intensitas sedang tiga kali seminggu menggunakan beban tubuh dan resistance band, atau berolahraga seperti biasa.

Kaki yang lebih kuat setelah empat tahun

Para peneliti mengukur kekuatan tulang dan otot serta persentase lemak tubuh pada awal penelitian, pada akhir program satu tahun, dan kemudian setelah dua dan empat tahun.

Studi tersebut menemukan bahwa pelatihan ketahanan memberikan manfaat jangka panjang terbesar pada kekuatan kaki. Bahkan setelah empat tahun pelatihan, kekuatan kaki peserta tidak berubah, sementara dua kelompok lainnya mengalami kelemahan kaki.

“Olahraga sangat penting sepanjang hidup. Penelitian ini menunjukkan bahwa bahkan mereka yang aktif di kemudian hari, di masa pensiun, menikmati manfaat kesehatan yang jelas,” kata peneliti John Patsis dari University of North Carolina.

Latihan ketahanan atau kekuatan bekerja paling baik. Bayangkan latihan ini sebagai “latihan yang meningkatkan kekuatan dengan membuat otot bekerja melawan kekuatan,” kata kontributor kebugaran CNN, Dana Santas. Kekuatan ini dapat mencakup beban, resistance band, atau berat badan Anda sendiri, seperti saat push-up atau squat. “Bagi orang lanjut usia, latihan ketahanan sangat penting untuk menjaga massa otot, kepadatan tulang, dan mobilitas,” katanya.

READ  Kuo: Apple akan memperkenalkan iPhone dengan Touch ID di bawah layar tahun depan - tablet dan ponsel - berita