BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sedikitnya 22 orang tewas dalam letusan gunung berapi di Jawa, 68 orang terbakar

foto Badan Perlindungan Lingkungan

Menurut badan bantuan bencana, sebagian besar korban meninggal karena puing-puing vulkanik. Banyak dari korban dikatakan menderita luka bakar yang sangat parah sehingga sulit untuk diidentifikasi. Sebanyak 13 korban telah diidentifikasi sejauh ini.

Tim penyelamat menyelamatkan 10 orang yang terperangkap setelah letusan gunung berapi pada hari Sabtu. Kelompok itu bekerja di tambang pasir. Orang-orang yang selamat digeledah dengan serius, dan jalan-jalan yang terhalang oleh puing-puing dibuka kembali. Curah hujan yang diharapkan dalam beberapa hari mendatang dapat mempersulit pekerjaan.

Letusan gunung berapi dan abu dalam jumlah besar yang jatuh di desa-desa terdekat memaksa hampir 2.000 orang mengungsi. Menurut badan bencana, mereka untuk sementara ditempatkan di masjid-masjid dan gedung-gedung pemerintah, di antara tempat-tempat lain.

panik

Setelah ledakan, penduduk setempat melarikan diri secara massal. Gambar-gambar dari televisi lokal dan media sosial menunjukkan orang-orang melarikan diri dengan panik. Presiden Indonesia Joko Widodo menyampaikan belasungkawa kepada kerabat dan menyampaikan belasungkawa kepada para korban lainnya. Dia memerintahkan pihak berwenang untuk memberikan bantuan darurat dan mencari para korban.

Gunung Semeru setinggi lebih dari 3.600 meter di Jawa Timur telah meletus beberapa kali dalam setahun terakhir. Indonesia terletak di “Cincin Api”, sebuah wilayah di Samudra Pasifik dengan sekitar 130 gunung berapi aktif, di mana banyak gempa juga terjadi. Letusan Gunung Merapi 2010 di Jawa menewaskan lebih dari 350 orang dan membuat 400.000 orang mengungsi.

READ  'Selama krisis Corona, sangat sedikit yang diinvestasikan dalam transisi energi'