BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gogoro “Tesla of the scooters” diluncurkan ke publik melalui SPAC: pasar 500 juta mobil

Gogoro Taiwan mengambil pasar Asia untuk skuter listrik dalam cengkeraman mencekik dan menuju ke Wall Street melalui SPAC.

Gogoro, sebuah perusahaan Taiwan yang berkantor pusat di Taipei, sekarang dikenal sebagai “Tesla skuter”. Perusahaan mengoperasikan armada e-skuternya sendiri di Taiwan, tetapi juga menjual baterai dan sistem pengisian daya untuk aplikasi berbagi perjalanan. Didirikan pada tahun 2011, Gogoro saat ini adalah penyedia utilitas e-skuter terkemuka di dunia.

Di Asia, layanan yang menjadi keunggulan Gogoro menjadi semakin penting. Misalnya, Gogoro memproduksi dinding pengisi daya di mana pengguna dapat mengganti baterai yang kempes dengan yang baru. Perusahaan besar seperti Yamaha sangat ingin mengimplementasikan produk Gogoro ke dalam mobil mereka.

Jepang dan Taiwan memiliki total lebih dari 20 juta sepeda motor di jalan, sama seperti di China. India akan memiliki setidaknya 37 juta sepeda motor. Namun, Vietnam adalah pasar terbesar dengan setidaknya 50 juta unit dalam perjalanan. Masalahnya adalah kebanyakan dari mereka menggunakan bahan bakar fosil.

SPAC memiliki kapitalisasi pasar sebesar $2,3 miliar

Sudah diumumkan tahun lalu bahwa Gogoro sedang mengerjakan penawaran umum perdana (IPO) di Wall Street. Saham tersebut akan mulai dijual di Nasdaq untuk pertama kalinya pada hari Selasa. Untuk menyelesaikan IPO lebih cepat, Gogoro memilih pintu samping yang selama ini populer, merger dengan perusahaan akuisisi (SPAC). Pada tanggal 31 Maret, Gogoro mengumumkan bahwa akan bergabung Dengan SPAC Poema Global Holdings. Setelah 4 hari ini sudah menjadi fakta.

Perusahaan baru akan menggunakan nama Gogoro dan memperdagangkan sahamnya dengan label saham GGR. Kesepakatan dengan SPAC membawa total nilai pasar Gogoro menjadi sekitar $2,35 miliar. Perusahaan Taiwan juga mengumpulkan $335 juta untuk mendanai ekspansi lebih lanjut.

READ  Grower memulai layar kecil setelah menonton film dokumenter Netflix

Pangsa pasar 97 persen

GoTo Group adalah salah satu investor pertama di Gogoro. Perusahaan teknologi terbesar di Indonesia. GoTo dapat membantu Gogoro berkembang lebih jauh ke Asia.

Gogoro telah membuat beberapa prestasi penting di wilayah ini dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menjalin kemitraan di Cina, India dan Indonesia, tiga pasar besar untuk sepeda motor. Perusahaan Taiwan itu yakin kini telah mencapai total pasar 500 juta kendaraan.

Awal tahun ini, Gogoro memproduksi smart battery yang ke-sejuta. Pada saat penulisan, pengguna telah menukar 275 juta baterai perusahaan. Di Taiwan, 97 persen dari semua skuter listrik menggunakan layanan perusahaan.

(kg)