BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sejak perang di Ukraina, Rusia telah mengirimkan dua kapal selam ke Laut Irlandia

Sejak perang di Ukraina, Rusia telah mengirimkan dua kapal selam ke Laut Irlandia

Kapal selam kelas Kilo Rusia dalam perjalanan ke Laut Hitam, dengan seorang nelayan di latar depan, foto dari tahun 2022.

Berita Noos

Kapal selam Rusia telah melakukan setidaknya dua misi di dekat Laut Irlandia sejak invasi Ukraina pada tahun 2022. Laporan Bloomberg News berdasarkan pada tiga orang yang mengetahui misi sensitif internasional ini.

Rusia mengirim kapal selam kelas Kilo pertamanya ke Laut Irlandia, antara Irlandia dan Inggris, sekitar satu setengah tahun yang lalu. Sumber Bloomberg menyebutkan misi kedua akan dilakukan baru-baru ini.

Kapal selam kelas Kilo adalah kapal selam serang yang dapat meluncurkan rudal jelajah dan torpedo kelas Kalibr Rusia serta ranjau laut, menurut Bloomberg.

Lintasnya kapal selam Rusia telah beberapa kali diberitakan oleh media Irlandia dan Inggris. Misalnya, helikopter Inggris dan kapal perang Inggris “mengejar” kapal selam keluar dari Pelabuhan Cork pada pertengahan tahun lalu. tersebut Media Irlandia beberapa bulan kemudian.

Bulan lalu, Angkatan Udara Inggris melihat kapal selam Rusia di lepas pantai barat Skotlandia. tersebut BBC. Kazan tetap berada di luar wilayah perairan Inggris dan melanjutkan perjalanan ke Kuba. Belum jelas apakah kapal selam tersebut juga berlayar ke Laut Irlandia.

Ketegangan internasional

Kehadiran Rusia di perairan internasional di Eropa Barat merupakan isu sensitif. Ketika Rusia mengumumkan latihan sekitar 150 mil barat daya Irlandia pada awal tahun 2022, ada banyak protes. Otoritas Penerbangan Irlandia mengumumkan akan mengalihkan penerbangan. Nelayan yang aktif di wilayah tersebut, yang merupakan zona ekonomi eksklusif Irlandia, mengumumkan protes mereka.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Irlandia Coveney saat itu Untuk mengetahui Uji coba rudal di perairan internasional secara resmi diizinkan, namun latihan Rusia di lepas pantai Irlandia “tidak diinginkan.” Dia menerima pujian internasional dari Sekutu Barat. Rusia dikatakan telah mengumumkan pelatihan mereka Dapat dipindahkanDi luar zona ekonomi eksklusif Irlandia. Sebulan kemudian, Rusia menginvasi Ukraina.

READ  Jerman melampaui Jepang sebagai negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia Ekonomi