BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

‘Sejarah Hindia Belanda Sejarah Belanda’

Kesadaran akan apa yang terjadi di bekas Hindia Belanda di Belanda masih rendah. Generasi muda dan generasi tua tahu sedikit tentang hal itu. Kata Bussemaker, mantan menteri OCW di acara radio Berita dan rekan. Sebuah komite khusus telah dibentuk hari ini di bawah kepemimpinannya untuk memperkuat pengetahuan tentang sejarah Hindia Belanda.

Menurut Bussemaker, tradisi India itu panjang dan jauh. “Perang Dunia II ada hubungannya dengan itu. Orang-orang berpikir: Apa yang terjadi di sini lebih buruk daripada apa yang terjadi di sana.” Tapi dia juga menyalahkan kurangnya pengetahuan tentang kolonialisme. “Kemerdekaan Indonesia memiliki sisi hitam yang dibutuhkan Belanda. Sejarah kolonial itu membuat sulit untuk membicarakannya,” katanya.

Itu sebabnya kabinet menyediakan lebih dari 20 juta euro tahun lalu. Menurut Bussemaker, banyak bahan sejarah tersedia, tetapi bagi banyak orang sulit ditemukan.

Oleh karena itu, tim bertujuan untuk mengumpulkan materi ini dan menyajikannya kepada khalayak yang lebih luas dengan cara yang menarik. “Sejarah Hindia Belanda adalah sejarah seluruh Belanda,” kata Busmaker.

Sebelumnya kita melihat kembali Perang Kemerdekaan Indonesia:

READ  Muisenhuis (2+) di Stotskehorsal.