BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia |  Empat arena olahraga PON yang baru dibangun telah diserahkan kepada pemerintah Papua

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia | Empat arena olahraga PON yang baru dibangun telah diserahkan kepada pemerintah Papua

Foto: Humas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pemerintah pusat pada Kamis (10/06) resmi menyerahkan empat arena yang baru selesai dibangun untuk musim ke-20 mendatangkamu Pekan Olahraga Nasional (PON) Pemerintah Provinsi Papua menjadi tuan rumah ajang empat tahunan tersebut.

Arena olahraga yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tersebut adalah Arena Air dan Kawasan Olahraga Pangkit Papua di Distrik Sentani Timur serta Lapangan Kriket dan Lapangan Hoki (Indoor dan Outdoor) di Distrik Waipu di Kabupaten Jayapura.

Arena air ini mulai dibangun sejak Desember 2018 dengan alokasi anggaran Rp 401 miliar. Tempat ini dilengkapi dengan fasilitas kolam renang yang memenuhi standar International Swimming Federation (FINA), induk organisasi olahraga renang internasional.

Sedangkan Kawasan Olahraga Papua Bangkit telah berdiri sejak November 2018 dengan menempati lahan seluas 33.016 meter persegi di Kawasan Olahraga Kampung Harapan dan menggunakan anggaran negara sebesar Rp278,5 miliar.

Kompleks ini dilengkapi dengan fasilitas kelas dunia dan fasilitas pendukung lainnya, seperti lapangan latihan/pemanas dan area parkir. Struktur Gedung Kawasan Olahraga Pangkit Papua berhasil meraih Penghargaan Museum Rekaman Indonesia (MURI) dalam tiga kategori sekaligus.

Apalagi pembangunan stadion kriket dan lapangan hoki (indoor dan outdoor) menempati lahan seluas 133.509 meter persegi dengan anggaran Rp 288,3 miliar.

Arena hoki luar ruangan ini telah disertifikasi oleh International Hockey Federation (FIH) pada 5 Agustus 2020 sebagai arena siap pakai untuk pertandingan internasional.

Direktur Jenderal Hak Cipta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Diana Kusumastuti mengatakan, serah terima administrasi tersebut bertujuan untuk mendukung pesta olahraga tersebut.

“Saya percayakan kepada Pemprov Papua untuk menjaga dan mengelola seluruh aset yang telah diserahkan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

READ  Senioren weer samen sporten bij Bergen op Zoom: "Heel warm, met zo'n masker!" | Bergen op Zoom

Ia menambahkan, venue yang diserahterimakan tersebut dapat digunakan sebagai sarana latihan bagi para atlet di Papua untuk mengikuti ajang olahraga.

Ditambahkannya, setelah acara selesai bisa juga digunakan untuk kegiatan turnamen olahraga, baik tingkat provinsi maupun nasional.

“Ketika pandemi Covid-19 berakhir maka Kawasan Olahraga Pangkit Papua karena kapasitasnya yang sangat besar juga bisa digunakan untuk menggelar konser atau acara lainnya.Kami berharap seluruh infrastruktur yang dibangun dapat bermanfaat tidak hanya untuk mendorong prestasi. atlet di Papua, tetapi juga untuk menggairahkan kegiatan perekonomian di wilayah tersebut.”

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Papua melalui Sekretaris Daerah Provinsi Dance Julian Vlassi menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah pusat dalam mengembangkan olahraga di Papua melalui pembangunan infrastruktur.

“Tugas kita sekarang adalah bagaimana memanfaatkan infrastruktur ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua,” kata Dance.

Sekadar informasi 20kamu Edisi Pekan Olahraga Nasional rencananya akan digelar pada 20 Oktober hingga 4 November tahun ini. Ajang multi-olahraga tersebut semula dijadwalkan berlangsung pada tahun 2020, namun ditunda hingga tahun 2021 karena pandemi COVID-19. (Humas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat/PBB) (EST/EP)