BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia |  Presiden Jokowi menghadiri Anugerah Festival Film Indonesia 2021

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia | Presiden Jokowi menghadiri Anugerah Festival Film Indonesia 2021

Presiden Jokowi menyampaikan sambutan pada Upacara Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) Tahun 2021, Rabu (10/11), di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. (Foto: Sekretariat Presiden BPMI/Chris)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (10/11) menghadiri Festival Film Indonesia (FFI) Piala Citra 2021 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan itu, Presiden memberikan penghormatan kepada Osmar Ismail dan Jamaluddin Malik atas kepemimpinannya dalam acara FFI tahun 1955.

“Sebagai bentuk apresiasi saya yang sebesar-besarnya kepada para pejuang kebudayaan, atas nama bangsa dan negara, saya menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Bapak Osmar Ismail, Bapak Film Indonesia,” ujarnya.

Presiden Jokowi juga menegaskan, semangat Usmar Ismail dan para pahlawan pejuang budaya harus terus dilestarikan dengan menciptakan karya-karya berkualitas yang menunjukkan keunggulan dan karakter jati diri Indonesia.

Presiden juga mengapresiasi para sineas nasional yang telah menorehkan prestasi di dunia perfilman internasional di tengah pandemi COVID-19.

“Saya bangga di masa pandemi, industri film Indonesia mendapatkan beberapa penghargaan atas prestasi luar biasa di industri film internasional yang mengungguli negara-negara Asia Tenggara lainnya,” ujarnya.

Presiden juga menyampaikan kekagumannya terhadap karya-karya yang dihasilkan sineas nasional, seperti film dokumenter berdurasi penuh “Invisible Hopes” yang disutradarai Lamtiar Simorangkir.

Presiden juga mengapresiasi empat film Indonesia yang mendapat penghargaan tertinggi di festival film terbaik dunia. Mereka adalah sebagai berikut:

  1. Pembalasan Edwin adalah Milikku, Semua Yang Lain Membayar Tunai memenangkan Penghargaan Golden Leopard di Festival Film Locarno;
  2. Film Uni karya Camila Andini memenangkan Platform Award di Festival Film Internasional Toronto;
  3. “The Sea Calls Me” oleh Tombal Tambubolon memenangkan Sony Award di Festival Film Internasional Busan. Dan
  4. “Dear to Me” oleh Monica Tedja memenangkan Hadiah Juri Kecil – Perhatian Khusus untuk Pintu Terbuka Film Pendek di Festival Film Locarno.
READ  PvdA dan GroenLinks ingin mengakhiri 'surga pajak Belanda'

Dalam kesempatan itu, Kepala Negara juga menyampaikan harapannya agar para sineas, aktor, aktris, dan seluruh pemangku kepentingan perfilman Indonesia terus mengejar mimpi besar, mempererat kerja sama dengan pusat-pusat film internasional, menggali bakat-bakat hebat, dan mengedepankan kisah-kisah karya yang unik. .

“Saya mengucapkan selamat kepada para pemenang Piala Citra pada acara FFI 2021 yang diumumkan malam ini, semoga prestasi yang diraih dapat menginspirasi orang lain untuk menciptakan bisnis yang lebih baik di masa depan.

Sekadar informasi, Penghargaan Piala Citra FFI 2021 juga didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta Badan Perfilman Indonesia (BPI). (FID/AIT/SLN) (RIF/EP)