BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sekretaris Jenderal NATO yang baru akan diumumkan bulan depan, 'kami menantikan Rutte'

Sekretaris Jenderal NATO yang baru akan diumumkan bulan depan, 'kami menantikan Rutte'

Sekretaris Jenderal NATO Stoltenberg dan Perdana Menteri Rutte yang akan keluar musim panas lalu pada pertemuan puncak NATO di Lituania

Berita Noos

NATO ingin menunjuk Sekretaris Jenderal baru aliansi militer tersebut dalam jangka pendek. Negara-negara Anggota ingin menyelesaikan proses seleksi paling lambat bulan depan. Yang Dia berkata Duta Besar AS untuk NATO Julianne Smith saat konferensi pers kemarin. “Kami ingin menyelesaikan proses ini.”

Sekretaris Jenderal NATO saat ini Jens Stoltenberg akan meninggalkan jabatannya setelah musim panas setelah sepuluh tahun memimpin aliansi tersebut. Perdana Menteri Rutte yang akan habis masa jabatannya telah mengindikasikan bahwa ia ingin menggantikan Perdana Menteri Norwegia tersebut, seperti yang ia tunjukkan pada musim gugur lalu.

“Saya kira bukan rahasia lagi bahwa Perdana Menteri Rutte (…) telah menunjukkan ketertarikannya,” kata Smith kemarin. “Jadi inilah orang yang dicari oleh koalisi. Namun ini adalah proses yang berkelanjutan.”

Ikuti sejarah

Dalam proses ini, 31 negara anggota harus mencapai kesepakatan bersama mengenai suksesi Stoltenberg. Tidak ada prosedur formal. Masa jabatan Sekretaris Jenderal NATO saat ini telah diperpanjang beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir karena tidak muncul kandidat yang cocok. Masa jabatan Stoltenberg secara resmi berakhir pada 1 Oktober.

Jika NATO mendukung pencalonan Rutte dan ingin memajukan tanggal tersebut karena perkembangan internasional, situasi khusus dapat muncul. Perdana Menteri Ruti Torrente yang akan keluar mungkin akan mengundurkan diri sebelum pemerintahan baru terbentuk. Perdana Menteri baru yang akan keluar kemudian harus menjalankan tugasnya sampai pemerintahan berikutnya dilantik.

READ  Demonstran turun ke jalan-jalan di Beograd untuk memprotes acara Pride