BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sektor otomotif global membutuhkan 20% lebih banyak nikel tahun ini

Permintaan global untuk nikel untuk digunakan dalam baterai akan tumbuh lebih dari seperlima tahun ini. Hal ini disebabkan meningkatnya permintaan mobil listrik yang dapat diamati di seluruh dunia. Itu menurut laporan dari Sumitomo Metal Mining, pengolah logam terbesar di Jepang.

Sumitomo Metal Ini memasok bahan katoda untuk baterai lithium-ion perusahaan Jepang Panasonic yang digunakan dalam kendaraan listrik untuk pembuat mobil AS Tesla.

mobilitas berkelanjutan

Perusahaan mengharapkan untuk mengirimkan lebih dari 410.000 ton nikel ke pelanggan di seluruh dunia tahun ini. Tahun lalu hampir 330 ribu ton dibeli. Nikel terutama digunakan dalam produksi baja tahan karat, tetapi juga merupakan komponen kunci dalam baterai lithium-ion yang menggerakkan kendaraan listrik.

Laporan tersebut mencatat bahwa “dalam konteks transisi ke mobilitas berkelanjutan, permintaan untuk penggerak listrik akan meningkat tajam di tahun-tahun mendatang.” “Ini juga akan meningkatkan permintaan lithium dari sektor otomotif global.”

“Permintaan nikel untuk digunakan dalam kendaraan listrik tumbuh jauh lebih cepat daripada yang kami perkirakan tahun lalu,” catat Yusuke Niwa, direktur bahan baku di Sumitomo Metal. “Namun, harga nikel yang lebih tinggi dapat mengikis permintaan dalam jangka panjang.”

“Konfrontasi dengan bahan baku yang lebih mahal akan mendorong pengembang baterai untuk mencari solusi alternatif yang membutuhkan penggunaan lebih sedikit nikel. Upaya juga akan dilakukan untuk mengembangkan baterai yang tidak lagi membutuhkan nikel.”

Indonesia

Sumitomo Metal juga memperkirakan kelangkaan nikel di pasar global menyusut menjadi 68.000 ton tahun ini. Tahun lalu terjadi kekurangan 135 ribu ton. Membaiknya kondisi tersebut karena produksi bijih nikel mentah di Indonesia diperkirakan akan berproduksi lebih dari satu juta ton tahun depan.

READ  Belanja online di Islandia menjual sayuran hanya dengan 1 sen. Hingga Kamis

Mengingat kebutuhan nikel di semua sektor, Sumitomo Metal menargetkan permintaan nikel tahun ini bisa melebihi 2,99 juta ton. Ini merupakan peningkatan 8,4 persen dibandingkan tahun lalu.

Menurut perusahaan Jepang itu, pasokan global dari produsen akan meningkat 11,4% menjadi 2,93 juta ton secara bersamaan.