BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Seni Tutur Suku Tidung ‘Bedindang Bedibuay’, Film Pendek Produksi Terbaik Kemendikbud RI

Seni Tutur Suku Tidung ‘Bedindang Bedibuay’, Film Pendek Produksi Terbaik Kemendikbud RI

IPOL.ID- Read more RI Melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, yakni Indonesiana.TV mengadakan open calllayar cerita perempuan Indonesia (LCPI) 2023 beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini meropakan kompetisi film indek fiksi dalam bentuk Ia mengajukan ide cerita yang dikurasi agar yang telah dihadirkan sejak lama untuk menghasilkan sebuah film pendek fiksi.

Ratusan Sineas yang berasal dari seluruuh Indonesia, bertarung menjadi yang terbaik agar diusulkan terpilih. USAi proses curasi yang melibatkan para kurator profesional untuk menilai setiap tahun, terpilih 18 ide cerita dari berbagai kebudayaan di Indonesia.

Salah Sato Yang Terbileh Ho Ed Sirita Yang Perasal Dari Kota Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara). Yakni, film Bedindang Bedibuay karya Rohil Fidiawan dan Taufan Agustiyan Prakoso.

Layanan Panggilan Terbuka ini memungkinkan Anda memberi imbalan sejumlah ini yang diisi ulang dengan lisensi dan perdagangan di antara 10 kategori makhluk laut (OPK).

Rohil Fidiawan, produser film kecil, Bedindang Bedibuay memiliki makna dalam akan doa-doa dan harapan kebaikan orang tua kepada anak di masa depan.

“Film ini akan menjadi spesial bagi masyarakat Kalimantan Utara. Secara Universal, Bedindang Bedibuay kuat akan unsur seni dan syariat Islam secara sederhana dengan lirik doa yang terkandung,” Catania, Camis (28/9/2023).

Tumbuh dan besar dilingkungan Masyarakat Tidung dan Bulungan, ia merasakan kuatnya Masyarakat Kaltara tidak mengenal budaya tutur dan Bercerita. Ini menjadi refresentatif ingatan akan produk dimasa kecil.

“Jika Anda ingin tahu apa yang Anda inginkan dan apa yang Anda inginkan, lebih baik Anda tidak tahu harus berbuat apa jika tidak ada hubungannya,” bebernya.

Diproduksi oleh Produser dan Sutradara Bedindang Bedibuay, ini merupakan film terbaru sejenis (Bimtek) yang dirilis di Jakarta, 18 film lagi, (20-23/9/2023) Lalo. Perusahaan ini diciptakan oleh manajemen film independen, penginderaan film, dan skenario rumit yang dirancang oleh desainer Andalan Indonesia.

READ  Balapan ini bisa disaksikan langsung di TV

Perlu dicatat bahwa saya mengalami hari yang baik dan hari yang baru, dan kemudian saya akan pergi ke negara lain, seperti negara lain, di negara tersebut.

“Kita paro saga melksanakan pemtek, hal ini terkait terbinya turan bembuatan film di indonesia hari ini. Mulai dari perizinan hingga lembaga Sensor sesuai kategori usia sectionasi penonton film tersebut.” katanya.

“Kita juga hadirkan kurator terbaik Indonesia ya. “Agus Maki, panggil Lianto Lucino,” Timbahanya.

Lanjutnya, film ini dibuat oleh sinematografer Asli Kuta Tarakan, Osman Negrid Mevlana. Pada masa konflik es SMA di camp, dilakukan dengan banyak sekali acara.

“Ini benar-benar merubakan gubahan Tidung yang dieksekusi oleh Sidrhana, yang menjadi inspirasi bagi Sunin Osman. “Berlatar belakang keluarga nelayan suku Tidung, melibatkan konflik sederahan perempuan suku Tidung bergelar sarjana seni,” ungkapnya.

Recananya, film ini akan diproduksi pada minggu kedua di bulan Oktober 2023 nanti. Rohil menyebut, akan melibatkan puluhan kru dan penampilan kelompok Ina-ina Nurjalin milik Usman Najrid Maulana dari Paguntengara Artploration.

“Dari timeline, dilaksanakan bulan dipan shooting. Semoga tidak meleset dari jadwal,” ucapnya.

Kemudian syutingnya dilakukan oleh Sutradara Film Bedindang Bedibuay, Taufan Agustiyan yang mendampingi film ini dengan menyediakan dokumentasi film dan pembuatan film terpisah dari amanah barunya.

Film dokumenter Perjalanan saya sebagai sutradara, membahas ragam seni budaya baik bersifat atraktif, dekoratif, maupun naratif. “Ada beberapa kesamaan antara suku budaya di Indonesia, salah satunya seni tutur, baik berupa hikayat, macopat, dongeng, dan ragam bentuk lainnya dan memiliki pesan yang kuat dan filosofis sebagai pegangan tata nilai bermasyarakat,” imbuhnya.

Menu baru sedang diperkenalkan, sejumlah kecil pilihan produk yang akan membantu Anda mencapai hal ini. Hal ini karena hikayat yang dilantunkan untuk menidurkan anak adalah upaya “Menyelipkan” nilai leluhur kepada pikiran anak.

READ  "Louis" menunjukkan semua dimensi Van Gaal dan pencarian abadinya untuk penegasan

“Dengan harapan meresap ke dalam bawah sadar, dan menjadi bagian penting dari pendidikan karakter bagi si anak,” ujarnya.

Dengan film ini, film bisa menjadi perjalanan yang menyenangkan untuk mendapatkan hasil maksimal, sehingga menghemat banyak uang untuk perekonomian.

“Perempuan memiliki cara unik tok terus melistarikan tradisi. “Memperbarui modernitas dan kemajuan guna mencapai kesuksesan dan memulai membangun proses,” tutupnya.(Sol)